Evi Nurul Qomariyah (2009) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang melalui jalur PMDK, SPMB, dan seleksi sendiri / Evi Nurul Qomariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Perbedaan Prestasi Belajar PMDK SPMB Seleksi Sendiri Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Pendidikan merupakan sarana penting dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang potensial kompeten dan berkualitas. Menyadari sepenuhnya hakekat pembangunan nasional Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa maka Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu institusi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk mencetak dan melahirkan SDM yang berkualitas dan inovatif serta produktif dalam melaksanakan pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan. Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Negeri Malang untuk menciptakan SDM yang berkualitas adalah dengan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berpotensi untuk mengikuti proses pendidikan. Di Universitas Negeri Malang terdapat tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) jalur SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dan jalur Seleksi Sendiri. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa jurusan Akuntansi Prodi S1 Pendidikan Akuntansi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK SPMB dan Seleksi Sendiri. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Akuntansi dan S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK dan SPMB dan perbedaan prestasi belajar mahasiswa prodi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK dan Seleksi Sendiri. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai referensi dan informasi bagi pihak Universitas Negeri Malang mengenai jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru mana yang dapat menghasilkan mahasiswa dengan prestasi belajar dan kualitas bagus serta sebagai bahan pertimbangan untuk memperbarui sistem pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur PMDK dan Seleksi Sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yang dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi reguler program studi S1 Pendidikan Akuntansi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sedangkan sampelnya adalah mahasiswa Akuntansi prodi S1 Pendidikan Akuntansi 2003 mahasiswa akuntansi prodi S1 Akuntansi 2005 dan mahasiswa akuntansi prodi D3 Akuntansi 2004. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial T-test dengan bantuan program komputer SPSS 13.0 for Windows. Pengujian normalitas data menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov. Dari hasil pengujian hipotesis dengan teknik T-test untuk prestasi belajar mahasiswa Akuntansi prodi S1 Pendidikan Akuntansi didapatkan nilai probabilitas sebesar 0 013. Karena nilai probabilitas tersebut lebih kecil dari taraf nyata sebesar 0 05 maka disimpulkan untuk menolak hipotesis nol yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK dan SPMB. Dari hasil pengujian hipotesis dengan teknik T-test untuk prestasi belajar mahasiswa Akuntansi prodi S1 Akuntansi didapatkan nilai probabilitas sebesar 0 968. Karena nilai probabilitas tersebut lebih besar dari taraf nyata sebesar 0 05 maka disimpulkan untuk menerima hipotesis nol yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK dan SPMB. Dari hasil pengujian hipotesis dengan teknik T-test untuk prestasi belajar mahasiswa Akuntansi prodi D3 Akuntansi didapatkan nilai probabilitas sebesar 0 329. Karena nilai probabilitas tersebut lebih besar dari taraf nyata sebesar 0 05 maka disimpulkan untuk menerima hipotesis nol yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa prodi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang jalur PMDK dan Seleksi Sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka saran yang dapat disampaikan yaitu 1). Universitas Negeri Malang harus mengkaji ulang sistem pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK dan Seleksi Sendiri. 2). Universitas Negeri Malang sebaiknya menetapkan batas nilai minimal untuk syarat pendaftaran PMDK. Hal ini bertujuan untuk menyaring siswa yang memang berpotensi untuk menjadi mahasiswa sehingga diharapkan Universitas Negeri Malang mampu menghasilkan kualitas lulusan yang kompeten dan berprestasi bagus. 3). Universitas Negeri Malang sebaiknya juga menetapkan batas nilai minimal untuk sistem penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Sendiri. Dengan adanya batas nilai minimal maka diharapkan siswa yang lolos ujian seleksi sendiri adalah siswa yang mempunyai kualitas baik sehingga mereka dapat menjadi mahasiswa yang memiliki prestasi bagus dan kompeten.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34045 |
Actions (login required)
View Item |