Penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode STAD untuk pembelajaran akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Kepanjen / Arlin Kurniawati

Arlin Kurniawati (2009) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode STAD untuk pembelajaran akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Kepanjen / Arlin Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif STAD merupakan pembelajaran kelompok yang menuntut keaktifan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga tidak ada siswa yang pasif pada saat pembelajaran. Penerapan pembelajaran STAD terdiri dari beberapa tahapan yakni tahapan penyajian kelas, tahap pembelajaran kelompok, tahap evalusi dan penskoran dan tahapan pemberian penghargaan. Dengan demikian sumber informasi tidak hanya berpusat pada guru melainkan siswa dituntut untuk aktif mecari informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah/soal baik informasi dari buku atau yang lainya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif model STAD yang berkaitan dengan motivasi dan prestasi hasil belajar pada mata diklat Akuntansi. Data motivasi siswa diperoleh dari angket dan lembar observasi aktivitas siswa. Prestasi hasil belajar diperoleh dari tingkat ketuntasan hasil pengerjaan LKS dengan penilaian yang menckup tiga ranah yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. Aktivitas siswa diperoleh dari data observasi, catatan lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa baik dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dimana pada aspek kognitif tejadi peningkatan nilai rata-rata 4,38 dan tingkat ketuntasan 10,52%. Aspek Afektif nilai rata- rata meningkat sebesar 3.16 dan tingkat ketuntasan 7,89%. Aspek Psikomotorik menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 3,03 dan persentase ketuntasan sebesar 5,27%. Peningkatan yang terjadi pada masing-masing aspek ini menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi dalam belajar dengan pembelajaran kooperatif dengan metode STAD. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar. Bertolak dari hasil penelitian tersebut disarankan agar guru tetap menerapkan metode STAD ini dalam proses pelaksanaan pembelajaran disekolah dengan pengalokasian waktu lebih baik lagi. Sebelum dilaksanakan diskusi hendaknya siswa diminta untuk belajar di rumah mengenai materi yang hendak dijadikan sebagai bahan untuk diskusi sehingga siswa lebih siap dalam mengikuti diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34044

Actions (login required)

View Item View Item