Layanan transportasi sekolah untuk menekan tidak masuk dan terlambat ke sekolah bagi siswa (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar) / Kariono - Repositori Universitas Negeri Malang

Layanan transportasi sekolah untuk menekan tidak masuk dan terlambat ke sekolah bagi siswa (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar) / Kariono

Kariono (2011) Layanan transportasi sekolah untuk menekan tidak masuk dan terlambat ke sekolah bagi siswa (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar) / Kariono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci layanan transportasi transportasi sekolah tidak masuk dan terlambat Layanan transportasi sekolah merupakan sarana transportasi bagi siswa untuk kelancaran proses belajar mengajar. Siswa akan merasa aman dan dapat masuk atau pulang sekolah dengan waktu yang tepat. Penyelenggara transportasi sekolah adalah sekolah itu sendiri atau pihak swasta yang bekerja sama dengan sekolah tersebut. Layanan transportasi ini biasa disebut dengan layanan antar jemput siswa karena transportasi ini selalu menjemput dan mengantar siswa mulai dari rumah ke sekolah sampai siswa tersebut pulang ke rumahnya. Adanya layanan transportasi sekolah ini siswa tidak akan terlambat ke sekolah dan tentunya para orang tua akan merasa terbantu. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan fokus penelitian tentang layanan transportasi sekolah meliputi (1) Keragaman radius/jarak dan geografis dari tempat tinggal siswa ke sekolah (2) Transportasi yang digunakan siswa (3) Siswa yang membutuhkan transportasi sekolah (4) Pengelolaan layanan transportasi di SD IT Al-Hikmah (5) faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasinya (6) Kegiatan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan layanan transportasi (7) Kedisiplinan siswa terkait dengan ketepatan waktu masuk sekolah setelah adanya layanan transportasi (8) Transportasi yang disediakan sekolah menekan terlambat dan tidak masuk siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata melalui metode observasi wawancara dan dokumentasi sehingga dengan informasi yang diperoleh bisa diketahui bagaimana layanan transportasi sekolah untuk menekan tidak masuk dan terlambat ke sekolah bagi siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri. Penjagaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Analisis data dimulai dari tahap penelaahan tahap identifikasi dan klarifikasi dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil analsis data diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Keragaman radius/jarak tempat tinggal siswa berbeda-beda jarak terdekat 5 km dan jarak terjauh 25 km (2) Transportasi yang digunakan siswa kebanyakan adalah L300 (3) Siswa yang membutuhkan transportasi ini adalah siswa yang orang tuanya sibuk (4) Pengelolaan layanan transportasi yang meliputi perencanaan pengorganisasian pengontrolan dan pengevaluasian. Dalam layanan ini fungsi menjemen ini sering terlupakan sehingga proses kegiatan transportasi menjadi kurang maksimal (5) Pendukung transportasi ii adalah sikap kekelurgaan semua pihak penghambat meliputi seringnya kemacetan di jalan yang membuat sopir harus mencari jalan pintas seringnya mobil mogok yang harus dapat diantisipasi dengan selalu mengontrol kondisi mobil (6) Upaya sekolah meningkatkan transportasi dengan memperketat seleksi mobil mobil harus keluaran tahun 2000 ke atas pemberian sangsi yang tegas terhadap pelanggaran (7) Kedisiplinan siswa tentang terlambat dan tidak masuk ke sekolah berkurang karena adanya layanan transportasi yang selalu berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa supaya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan (8) Transportasi ini menekan tidak masuk dan terlambat siswa ke sekolah karena semua pihak menerapkan kedisiplinan yang tinggi. Berdasarkan implikasi hasil penelitian maka dikemukakan saran bagi (1) Kepala SD IT Al-Hikmah pentingnya layanan transportasi sekolah dalam menekan tidak masuk dan terlambat siswa sekolah disarankan bagi kepala sekolah untuk ikut meningkatkan layanan ini dengan baik karena layanan ini juga akan berpengaruh terhadap kemajuan sekolah karena layanan ini cukup jarang ada. Secara tidak langsung layanan ini akan menjadi jati diri sekolah dan juga akan meningkatkan kualitas dalam layanan khususnya sehingga akan mampu untuk menyerap peserta didik baru yang lebih banyak (2) Koordinator harus lebih bisa mengkondisikan sopir-sopir dan juga aktif mengontrol pelaksanaan antar jemput guna untuk meningkatkan layanan transportasi ini ke arah yang lebih baik (3) Bagi Siswa menjadi bahan sumbangan mengenai menejemen layanan transportasi sekolah (4) Bagi Orang tua menjadi bahan masukan dalam memilih layanan transportasi (5) Bagi Sopir menjadi bahan masukan dalam menjalankan kendaraan agar selamat juga gambaran dalam melayani transportasi anak usia sekolah dasar. (6) Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini bisa dijadikan tambahan referensi bagi jurusan Administrasi Pendidikan dan lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami konsep dan manfaat yang diperoleh dari layanan ini dan (7) Bagi Peneliti selanjutnya agar lebih menyempurnakan hasil penelitian sehingga dapat mengembangkan kualitas dari layanan transportasi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item