Aulia Wardani (2009) Kontribusi tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / oleh Aulia Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah kinerja profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas pokok diperguruan tinggi telah sering menjadi perbincangan di kalangan ahli pendidikan maupun masyarakat luas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja profesionalisme dosen salah satunya adalah tingkat pendidikan dan motivasi kerja. Motivasi kerja itu sendiri dapat bersumber dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana tingkat pendidikan dosen motivasi kerja dosen dan kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang serta apakah tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah seluruh dosen akuntansi yang memiliki masa kerja lebih dari 1 tahun yang berjumlah 27 orang akan tetapi yang bisa terkumpul kembali hanya 26 instrumen yang berarti 1 instrumen dinyatakan missing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul sesuai dengan tujuan penelitian di analisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik regresi ganda. Untuk kepentingan analisis dipergunakan program software SPSS 11.5 for Windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari jumlah 26 responden terbukti sebagian besar dosen yakni sebanyak 18 dosen (69 2%) berpendidikan Magister (S2) sedangkan yang berpendidikan Doktor (S-3) sebanyak 4 dosen (15 4%) dan Sarjana (S-1) sebanyak 4 dosen (15 4%) dan secara umum memiliki motivasi kerja dengan kualifikasi cukup. Bila ditinjau dari variabel kinerja profesionalisme dosen secara umum memiliki kualifikasi yang tinggi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa tingkat pendidikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 3 052 dengan signifikansi 0 006. Demikian pula diketahui bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Terbukti dengan diperolehnya nilai t sebesar 6 226 dengan signifikansi 0 000. Selanjutnya diketahui secara simultan bahwa tingkat pendidikan dan motivasi kerja baik memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai uji F sebesar 28.992 dengan signifikansi 0 000. Tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0 05 yang menjadi kriteria penerimaan hipotesis. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa secara parsial dan simultan tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja profesionalisme dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Saran yang bisa diberikan adalah tingkat pendidikan dosen masih perlu ditingkatkan dengan cara memberikan pengertian bahwa sudah menjadi tugas dosen untuk memperoleh tingkat pendidikan yang maksimal (doktor/S-3) dan perlu adanya sebuah kebijakan dari pimpinan jurusan atau fakultas untuk lebih memberikan peluang bagi para dosen tersebut untuk segera dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti bagi peningkatan kinerja profesionalisme dosen. Motivasi kerja ekstrinsik sangat perlu lebih diperhatikan agar motivasi secara keseluruhan dapat meningkat dengan melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik terhadap motivasi kerja tersebut misalnya iklim kerja kebijakan pimpinan/lembaga hubungan dengan pimpinan dan lain-lain diharapkan ada perkembangan yang lebih positif agar dapat memperbaiki motivasi kerja sehingga kinerja profesionalisme dosen pun ikut dapat terwujud. Untuk penelitian berikutnya disarankan untuk menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih besar serta mengembangkan permasalahan dan pemakaian prediktor-prediktor yang lebih jitu dan handal agar dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dan temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat baik banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34039 |
Actions (login required)
View Item |