Yuwafinikmah (2009) Hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Malang / oleh Yuwafinikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peran guru memotivasi siswa merupakan salah satu langkah awal yang harus dilakukan guru dalam mengajar. Situasi dan kondisi kelas yang termotivasi dapat mempengaruhi proses belajar maupun tingkah laku siswa. Untuk itu pengelolaan kelas sebagai suatu bentuk dari kondisi belajar di sekolah diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa sebab lingkungan kelas sebagai tempat terjadinya proses belajar mengajar yang diharapkan dapat memotivasi siswa dalam melakukan aktivitas dan kreatifitas dalam kegiatan belajar mengajar. Pengelolaan kelas merupakan seperangkat kegiatan guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi di dalam kelas bagi tercapainya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan sebagai kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan belajar. Dengan adanya pengelolaaan kelas yang baik diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Karena motivasi siswa sangat ditentukan oleh lingkungannya. Dalam hal ini lingkungan kelas yang kondusif merupakan salah satu faktor penunjang dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Adapun pengelolaan kelas yang efektif dapat dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan yang ada dalam pengelolaan kelas yaitu pendekatan modifikasi perilaku pendekatan iklim sosio-emosional dan pendekatan proses kelompok. Dengan adanya tiga pendekatan tersebut diharapkan guru dapat mengatasi berbagai masalah yang ada dalam pengelolaaan kelas. Seorang guru juga harus dapat meyakinkan dirinya bahwa pendekatan yang digunakan itu merupakan alternatif yang terbaik dan sesuai dengan hakikat masalah yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Malang pada tanggal 26 sampai tanggal 30 Desember 2006. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksplanasi. Variabel bebasnya yaitu pendekatan modifikasi perilaku (X1) pendekatan iklim sosio-emosional (X2) dan pendekatan proses kelompok (X3). Dan variabel terikat (Y) yaitu motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Akuntansi SMK PGRI 2 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sederhana dengan jumlah sampel adalah 50 responden. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi yang lebih besar dari r tabel yaitu 0 468 0 297 pada taraf signifikan 5% dengan probabilitas 0 001.Adapun hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan modifikasi perilaku dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0 422 pada taraf signifikan 5% dengan probabilitas 0 002.(2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan iklim sosio-emosional dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi 0 203 pada taraf signifikan 5% dengan probabilitas 0 158. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan proses kelompok dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi 0 440 pada taraf signifikan 5% dengan probabilitas 0 001. (4) hubungan antara pendekatan proses kelompok dengan motivasi belajar adalah hubungan yang paling kuat hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi dari pendekatan ini adalah yang paling besar yaitu 0 440. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan (1) diharapkan para guru kelas II Akuntansi SMK PGRI 2 Malang mempertahankan dan lebih meningkatkan usaha pengelolaan kelas yang selama ini sudah dilaksanakan sehingga dapat siswa dapat termotivasi baik secara intrinsik dan ekstrinsik. (2) siswa diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar yang dimiliki guna mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34038 |
Actions (login required)
View Item |