Pengaruh minat pada profesi guru terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / oleh Naning Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat pada profesi guru terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / oleh Naning Rahayu

Naning Rahayu (2009) Pengaruh minat pada profesi guru terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / oleh Naning Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menyiapkan tenaga pendidik/calon guru yang berkompeten di bidangnya. Namun demikian disinyalir tidak sedikit mahasiswa dari lembaga tersebut yang tidak berminat terhadap profesi guru. Sikap yang demikian akan mempengaruhi cara kerja dan prestasi seseorang karena minat merupakan salah satu sumber motivasi bagi seseorang dalam kegiatan belajar. Hurlock (2005 14) menyatakan bahwa minat menjadi sumber motivasi dalam belajar minat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi seseorang dan minat menambah kegembiraan pada setiap kegiatan yang ditekuninya. Apabila seseorang melakukan kegiatan tidak sesuai dengan minatnya maka akan mengakibatkan berkurangnya intensitas kegiatan perhatian serta usaha dalam belajar sehingga hasil/prestasi belajar yang ingin dicapai tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh secara langsung minat pada profesi guru terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) pengaruh secara langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) pengaruh secara tidak langsung minat pada profesi guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan atau explanatory research. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi minat pada profesi guru (X1) sebagai variabel bebas motivasi belajar mahasiswa (X2) sebagai variabel intervening dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2003-2004 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 185 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental yaitu sejumlah 46 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pengaruh secara langsung minat pada profesi guru terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang adalah thitung 3 138 dan signifikansi sebesar 0 003 sedangkan nilai R Square 0 183. Motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan nilai thitung 7 006 dan signifikansi sebesar 0 000 sedangkan nilai R Square 0 527. Sedangkan minat pada profesi guru berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebesar 0 31. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran sebagai berikut (1) mahasiswa diharapkan lebih meningkatkan minat pada profesi guru (2) meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa baik melalui penerapan sistem pembelajaran aktif pemberian tugas dan kegiatan ilmiah lainnya dan (3) bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk mengambil populasi dan sampel yang lebih besar serta menambah variabel karena masih banyak faktor yang berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar secara optimal selain minat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item