Lina Yuliastutik (2009) Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Lina Yuliastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pendekatan scaffolding dapat meningkatkan proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (2) Mendeskripsikan bagaimana efektivitas pendekatan scaffolding dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) Mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 dalam pembelajaran akuntansi dengan pendekatan scaffolding pada siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA LAB UM yang terletak di jalan Bromo No 16 Malang. Subyek dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 3 tahun ajaran 2006/2007 dengan jumlah peserta didik sebanyak 17 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data memaparkan data dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scaffolding menunjukkan hasil yang signifikan dimana hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi yang dicapai pada ranah kognitif juga pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada siklus I nilai rata-rata kelas ranah kogitif sebesar 78 43 sedangkan pada siklus 2 sebesar 89 76. Pada ranah afektif nilai rata-rata sebesar 68 04 sedangkan pada siklus 2 sebesar 84 81. pada ranah psikomotorik nilai rata-rata sebesar 2 91 sedangkan pada siklus 2 sebesar 3 43. Pembelajaran akuntansi dengan pendekatan scaffolding juga dapat meningkatkan motivasi siswa secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini baik proses maupun hasil dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi dengan pendekatan Scaffolding dapat meningkatkan baik prestasi belajar maupun motivasi siswa. Adapun saran dalam penelitian ini agar SMA LAB UM menerapkan pendekatan scaffolding sebagai alternatif pendekatan dan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan materi pelajaran serupa atau bidang studi yang lain atau menggunakan subyek penelitian pada pendidikan yang lebih tinggi (PT)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34036 |
Actions (login required)
View Item |