Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba (Income Smooting) perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta / oleh Herlina Nur'aini A.M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba (Income Smooting) perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta / oleh Herlina Nur'aini A.M.

Herlina Nur'aini A.M. (2009) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba (Income Smooting) perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta / oleh Herlina Nur'aini A.M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik perataan laba (income smoothing) merupakan praktik yang umum dilakukan oleh manajer untuk mengurangi perubahan naik turunnya (fluktuasi) laba yang diharapkan mempunyai pengaruh yang bermanfaat bagi evaluasi kinerja manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba dan pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang go-public di Bursa Efek Jakarta. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perataan laba berdasarkan penelitian terdahulu yaitu ukuran perusahaan profitabilitas sektor industri leverage operasi leverage keuangan risiko pasar harga saham struktur kepemilikan manajerial dan struktur kepemilikan institusional. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan profitabilitas leverage keuangan struktur kepemilikan manajerial struktur kepemilikan institusional dan harga saham. Sampel penelitian terdiri dari 30 perusahaan manufaktur yang go-public di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003-2005 dengan jumlah populasi sebanyak 154 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampel bertujuan). Identifikasi perusahaan yang melakukan praktik perataan laba dengan menggunakan indeks eckel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi binary atau regresi logistik. Sebelum melakukan analisis regresi logistik terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinieritas uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan faktor-faktor ukuran perusahaan profitabilitas leverage keuangan struktur kepemilikan manajerial struktur kepemilikan institusional dan harga saham secara signifikan berpengaruh terhadap perataan laba dengan value sebesar 0 002. Namun secara parsial hanya leverage keuangan yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba dengan -value sebesar 0 047. Sedangkan variabel ukuran perusahaan profitabilitas kepemilikan manajerial kepemilikan institusional dan harga saham tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perataan laba dengan nilai -value masing-masing adalah 0 933 0 514 0 681 0 430 dan 0 930.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34035

Actions (login required)

View Item View Item