Chrissanti Diyahsari (2009) Analisis faktor-faktor yang menimbulkan kesulitan siswa dalam belajar akuntansi di SMAN 1 Pare Kediri / oleh Chrissanti Diyahsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Akuntansi sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Pare Kediri dari kelas XI dan XII jurusan IPS. Mata pelajaran ini diberikan dengan tujuan untuk membekali lulusanya dengan berbagai kemampuan dan pemahaman. Berdasarkan data hasil belajar siswa kelas XI (IPS) SMA Negeri 1 Pare Kediri pada semester ganjil Tahun Ajaran 2005/2006 ternyata 65 siswa (43 62%) dari 149 siswa memperoleh skor untuk mata pelajaran Akuntansi. Besarnya jumlah siswa yang memperoleh skor tersebut merupakan indikator adanya kesulitan bagi siswa dalam belajar akuntansi. Kesulitan belajar tersebut bisa berasal dari siswa sendiri (faktor internal) dan dapat juga dari luar siswa (faktor eksternal). Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor internal yang dapat menimbulkan kesulitan belajar akuntansi bagi siswa (2) faktor-faktor eksternal yang dapat menimbulkan kesulitan belajar akuntansi bagi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (IPS) yang jumlah keseluruhanya 149 siswa diambil sampel sebanyak 65 siswa dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat menimbulkan kesulitan belajar baik faktor internal maupun faktor eksternal dengan menggunakan distribusi frekuensi dengan persentase berdasarkan interval skor. Sedangkan tekhnik analisis faktor digunakan untuk menentukan faktor dominan yang menimbulkan kesulitan belajar baik faktor internal maupun eksternal. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor menunjukkan (1) faktor internal yang menimbulkan kesulitan belajar akuntansi berturut-turut adalah kesehatan badan dengan nilai loading sebesar 0 970 kesehatan dengan nilai loading (0 964) motivasi (0 961) minat belajar (0 958) dan cara belajar (0 854). (2) faktor eksternal yang menimbukan kesulitan siswa dalam belajar akuntansi adalah faktor lingkungan sekolah dengan nilai loading paling tinggi yaitu sebesar 0 962 faktor lingkungan masyarakat (0 959) dan faktor lingkungan keluarga (0 947). Dari hasil penelitian ini disarankan agar terdapat kerjasama yang baik antara guru siswa maupun lingkungan masyarakat dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dapat terus meningkatkan prestasinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34032 |
Actions (login required)
View Item |