Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian Handphone Merk Nokia (Studi pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang) / Yuni Bagus Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian Handphone Merk Nokia (Studi pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang) / Yuni Bagus Wibowo

Wibowo, Yuni Bagus (2012) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian Handphone Merk Nokia (Studi pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang) / Yuni Bagus Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

K ata kunci Faktor Psikologis Keputusan Pembelian Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang sangat tinggi. Ponsel merupakan salah satu produk elektronik yang mengalami kemajuan dan sudah dikenal sangat luas di Indonesia dan di dunia dan salah satu merk ponsel yang diminati saat ini adalah Nokia. Untuk menentukan pilihan biasanya konsumen akan membuat keputusan pembelian di mana keputusan yang sering diambil adalah keputusan tentang jenis produk yang akan dibeli merk apa yang akan dibeli berapa harganya serta bagaimana kualitasnya. Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang timbul dari dalam diri konsumen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan eksplanatory research yang bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap) terhadap keputusan pembelian handphone Nokia. (2) pengaruh faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian handphone Nokia. Penelitian ini mempunyai lima variabel yaitu variabel bebas (X) yang meliputi motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4) serta variabel bebas yang meliputi keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah para penghuni kos Jalan Jombang di Kelurahan Gadingksri Kecamatan Klojen Kota Malang. Pengambilan sampel sebanyak 100 orang dengan teknik accidental sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor psikologis konsumen tentang handphone merk Nokia cukup baik dan keputusan keputusan pembelian terhadap handphone merk Nokia tergolong baik. (2) Faktor psikologis secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang yang dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel motivasi sebesar 0 000 variabel persepsi sebesar 0 001 variabel pembelajaran sebesar 0 004 dan variabel keyakinan dan sikap sebesar 0 001. (3) Faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia pada penghuni kos Jalan Jombang Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 0 005. (4) Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel motivasi dengan nilai beta sebesar 0 286. iv Kesimpulan yang terkait hasil penelitian ini adalah (1) Faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia (2) Faktor psikologis (motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia (3) Faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia adalah motivasi. Saran yang direkomendasikan terkait hasil penelitian adalah konsumen diharapkan membeli produk yang dapat menunjang kegiatan mereka konsumen harus lebih memperhatikan informasi tentang handphone yang mereka beli konsumen harus lebih memahami petunjuk tentang cara penggunaan handphone dengan baik konsumen sebaiknya lebih memahami informasi yang diberikan oleh suatu merk handphone agar mereka dapat mengetahui apa kelebihan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34023

Actions (login required)

View Item View Item