Manajemen pembelajaran dwi bahasa pada bilingual playgroup Dunia Anak Kota Probolinggo / Evi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran dwi bahasa pada bilingual playgroup Dunia Anak Kota Probolinggo / Evi Susanti

Susanti, Evi (2011) Manajemen pembelajaran dwi bahasa pada bilingual playgroup Dunia Anak Kota Probolinggo / Evi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen pembelajaran dwi bahasa playgroup Manajemen program pembelajaran adalah segala usaha pengaturan proses belajar mengajar dalam rangka terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien (Aqib 2009 68). Tujuan manajemen pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini adalah untuk menciptakan proses belajar mengajar yang dengan mudah direncanakan diorganisasikan dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik sehingga dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Perbedaan antara manajemen pembelajaran pada Bilingual Playgroup dan Playgroup konvensional yaitu pada bahasa pengantar yang digunakan. Bilingual Playgroup menggunakan dua bahasa pengantar yaitu Inggris - Indonesia. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan (4) penilaian (5) hambatan-hambatan dalam manajemen pembelajaran dwi bahasa dan (6) alternatif pemecahan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dengan memaparkan dan mengolah data. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang dipilih satu kasus pada satu objek penelitian yaitu Bilingual Playgroup Dunia Anak Kota Probolinggo. Peneliti sendiri yang berperan sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu Kepala Bilingual Playgroup Dunia Anak guru dan orang tua. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara tindakan yang dilakukan oleh subjek penelitian dan dokumen lembaga yang berkaitan dengan pembelajaran dwi bahasa di Bilingual Playgroup Dunia Anak. Setelah diperoleh data dari hasil penelitian kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode trianggulasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran dwi bahasa pada Bilingual Playgroup Dunia Anak Kota Probolinggo meliputi tahapan-tahapan yaitu perencanaan pengorganisasian pelaksanaan penilaian hambatan-hambatan dalam pelaksanaan dan alternatif dalam mengatasi hambatan. (1) Perencanaan pembelajaran dwi bahasa meliputi penyusunan rencana pembelajaran tahunan rencana pembelajaran bulanan rencana pembelajaran mingguan dan rencana pembelajaran harian. (2) Pengorganisasian meliputi pembagian tugas mengajar guru dan pengelompokan siswa pengelompokan siswa dibagi menjadi kelas beginner dan kelas intermediate berdasarkan usia karakter dan kemampuan dua orang guru mengajar di kelas beginner dan satu orang guru yaitu kepala sekolah mempunyai tugas mengajar di kelas intermediate. (3) Pelaksanaan pembelajaran dwi bahasa meliputi outdoor playing and center preparation (bermain di luar dan persiapan sentra) body movement (senam) greeting and sharing time (salam dan anak berbagi kue) pre teaching and whilst teaching (pra kegiatan materi dan kegiatan materi) playing centers (bermain di sentra) washing hand and meal time (mencuci tangan dan makan siang) post teaching (sesudah kegiatan materi) closing and praying (penutup dan berdoa) metode yang digunakan adalah metode BCCT (sentra dan lingkaran). (4) Penilaian pembelajaran dwi bahasa yang dilakukan yaitu penilaian berdasarkan proses dan hasil yang meliputi penilaian harian bulanan dan semester selain upaya untuk memacu semangat belajar anak juga diberlakukan pemberian reward meliputi reward bintang lima reward star of the week serta reward yang diberikan tiap akhir semester pada semua anak berupa poster yang digulung dengan indah. (5) Hambatan dalam manajemen pembelajaran dwi bahasa meliputi ketersediaan materi dengan karakter rombongan belajar media pembelajaran usia dan karakter anak yang beragam serta kualitas guru yang juga beragam karakter dan atensi anak yang berbeda dalam kegiatan pembelajaran serta keikutsertaan orang tua. (6) Alternatif pemecahan yang dilakukan meliputi menekankan dan memotivasi guru untuk bisa berkreativitas dalam memenuhi semua kebutuhan pembelajaran guru harus bisa mengikuti pertumbuhan dan perkembangan anak semua tingkat usia melakukan evaluasi dalam pengelompokan anak berdasarkan karakter dan kemampuan anak memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru baik pelatihan yang dikirim oleh sekolah sendiri dan juga pelatihan yang direkomendasikan oleh Departemen Pendidikan Nasional mengadakan buku penghubung dan memberikan copy learning material kepada orang tua untuk mengikutsertakan orang tua dalam kegiatan pembelajaran dwi bahasa anak khususnya di rumah sehingga ada kelanjutan dari proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala Bilingual Playgroup Dunia Anak sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan jumlah guru sesuai pagu yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif (2) Guru seyogyanya terus belajar mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya anak yang berkebutuhan khusus agar dapat memberikan perhatian dan pengajaran yang maksimal pada anak serta meningkatkan profesionalisme guru (3) Orang tua hendaknya lebih berperan serta dalam pembelajaran dwi bahasa anak di rumah sehingga ada kelanjutan dari proses pembelajaran di sekolah karena bahasa merupakan proses pembiasaan (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan ilmu manajemen pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan nonformal seperti playgroup sebagai sekolah yang menggunakan pembelajaran dwi bahasa (5) Peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan untuk mengembangkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item