Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Klojen Kidul Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Lailatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Klojen Kidul Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Lailatul Badriyah

Badriyah, Lailatul (2012) Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Klojen Kidul Kota Malang semester II tahun ajaran 2011/2012 / Lailatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Metode Inkuiri Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek kecakapan hidup (Depdiknas 2008 484). Hasil wawancara dengan guru kelas IV 6 Februari 2012 ditemukan fakta bahwa hasil belajar siswa selama ini belum mencapai SKM yang ditentukan. Selain itu kurangnya perhatian dan motivasi belajar dari orang tua dan lingkungan sosial yang kurang memperhatikan pendidikan padahal pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas 2008 484). Maka untuk mengatasi masalah pada pembelajaran IPA kelas IV diterapkan metode inkuiri dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa karena departemen pendidikan nasional menyarankan menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA tetapi selama ini guru belum menerapkannya. Metode inkuiri memberikan kepada siswa pengalaman-pengalaman yang nyata dan aktif. Siswa dilatih bagaimana memecahkan masalah membuat keputusan dan memperoleh keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas IV semester II tahun ajaran 2011/2012 SDI Klojen Kidul kota Malang kompetensi dasar mengidentifikasi sumber-sumber energi panas dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV semester II tahun ajaran 2011/2012 SDI Klojen Kidul kota Malang pada pembelajaran IPA kompetensi dasar mengidentifikasi sumber-sumber energi panas dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar melalui penerapan metode inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDI Klojen Kidul Kota Malang dengan kompetensi dasar mengidentifikasi sumber-sumber energi panas dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar (Depdiknas 2008 493) dapat dilaksanakan dengan efektif. Kegiatan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Skor kegiatan siswa diperoleh dari lembar observasi yang berisi indikator-indikator yang sudah ditetapkan. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 63 dan ketuntasan kelas 25% pada akhir siklus I menjadi rata-rata 76 5 dan ketuntasan kelas mencapai 75% pada akhir siklus II. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Klojen Kidul Jalan Aries Munandar Gang VI B no 2 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan Klojen Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 8 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melaksanakan pembelajaran melalui penerapan metode inkuiri di kelas sebaiknya guru memeratakan pertanyaan dan memberi kesempatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item