Penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar berdasarkan Permendiknas Nomor 12 tahun 2005 (studi kasus di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang) / Trisiwi Tyas Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar berdasarkan Permendiknas Nomor 12 tahun 2005 (studi kasus di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang) / Trisiwi Tyas Utami

Utami, Trisiwi Tyas (2011) Penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar berdasarkan Permendiknas Nomor 12 tahun 2005 (studi kasus di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang) / Trisiwi Tyas Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar. Pendidikan nasional memiliki tiga subsistem pendidikan yaitu pendidikan formal pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Subsistem pertama disebut pula pendidikan sekolah sedangkan subsistem pendidikan nonformal dan informal berada dalam pendidikan luar sekolah. Pada dasarnya pendidikan ditujukan untuk menyiapkan manusia menghadapi masa depan yang lebih baik karena tuntutan peningkatan kualitas pendidikan yang semakin meningkat. Pendidikan berkualitas tidak akan terjadi tanpa ada peserta didik dan tenaga pendidik. Keduanya merupakan simbiosis mutualisme dimana keduanya saling membutuhkan dan melengkapi. Namun tidak hanya hubungan antara peserta didik dan pendidik yang dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang berkualitas. Peran pengawas juga tidak bisa dilepaskan dari terbentuknya sekolah yang bermutu. Hampir tidak ada sekolah bermutu tanpa kepala sekolah yang bermutu dan didukung oleh pengawas yang bermutu (Sudrajat 2010). Aspek yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan mutu belajar siswa adalah kegiatan belajar mengajar guru di dalam kelas. Karena pada hakekatnya kegiatan pembelajaran di kelas merupakan sebuah proses mengubah input menjadi output dan proses tersebut haruslah dilakukan secara benar. Untuk itu diperlukan pengawasan yang efektif guna mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Di sinilah tugas seorang pengawas untuk merencanakan memantau mengarahkan membantu dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas) No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah secara umum dijelaskan bahwa seorang pengawas hendaknya memiliki beberapa kompetensi antara lain (1) kompetensi kepribadian (2) kompetensi supervisi manajerial (3) kompetensi supervisi akademik (4) kompetensi evaluasi pendidikan (5) kompetensi penelitian pengembangan dan (6) kompetensi sosial. Fokus dari penelitian ini adalah deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang dan solusi mengatasi kendala penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang. Berdasarkan paparan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara (2) observasi dan (3) studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dikelola dan dianalisis guna mengetahui makna dan kesimpulannya. Triangulasi dilakukan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Penelitian ini mengungkap penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang mencakup beberapa hal yang meliputi tugas pengawas pendidikan dasar tanggung jawab pengawas pendidikan dasar spesifikasi jabatan pengawas pendidikan dasar dan hubungan kerja. Penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar di UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Klojen Kota Malang sejauh ini berjalan dengan baik dan optimal. Hal ini terbukti dengan adanya rencana kegiatan pengawasan beserta laporan hasil kepengawasan pengawas juga melakukan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah binaannya. Faktor pendukung dari penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan adalah adanya partisipasi beberapa pihak yaitu pihak sekolah UPT komite dan stakeholder lainnya. Kendala yang dihadapi dari pihak pengawas mengemukakan kurangnya pemahaman pihak sekolah terhadap kedudukan pengawas serta kendala waktu yang dimiliki pengawas. Langkah-langkah yang ditempuh baik dari pengawas atau dari sekolah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah pengawas selalu berusaha untuk mengajak semua pihak dalam menyusun program kepengawasan agar tidak terjadi kesenjangan antara program pengawas dengan sekolah maupun dengan UPT. Masalah waktu yang dikeluhkan oleh pihak sekolah maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengintensifkan kegiatan KKG dan K3S. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disarankan dalam melakukan proses kepengawasan pengawas lebih meningkatkan penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan khususnya pengawas pendidikan dasar guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. Dengan menerapkan Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas serta Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan untuk menyarankan kepada mahasiswa Administrasi Pendidikan untuk mengkaji tentang pengawas dan proses kepengawasan guna memperoleh rujukan di bidang kepengawasan. Dan kepada peneliti lain untuk menyempurnakan teori hasil penelitian yang telah dipaparkan. Kepala Sekolah diharapkan lebih berpartisipasi dalam mendukung penerapan deskripsi tugas pengawas pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item