Hubungan antara sistem pembelajaran dan kepuasan siswa di lembaga bimbingan belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu (BEST) Kediri / Riski Atma Wisesa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sistem pembelajaran dan kepuasan siswa di lembaga bimbingan belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu (BEST) Kediri / Riski Atma Wisesa

Wisesa, Riski Atma (2011) Hubungan antara sistem pembelajaran dan kepuasan siswa di lembaga bimbingan belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu (BEST) Kediri / Riski Atma Wisesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sistem pembelajaran kepuasan siswa Sistem pembelajaran adalah suatu aktivitas yang sengaja diciptakan dengan maksud untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Sistem pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar meliputi dimensi siswa tujuan metode media strategi pembelajaran evaluasi dan umpan balik. Sedangkan kepuasan siswa adalah suatu keadaan dimana derajat keinginan harapan dan kebutuhan siswa terpenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi derajat kebutuhan dan harapan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah tingkat kualitas sistem pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu (2) bagaimanakah tingkat kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu dan (3) apakah terdapat hubungan antara kualitas sistem pembelajaran (siswa tujuan metode media strategi pembelajaran evaluasi umpan balik) dan kepuasan siswa di Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kualitas sistem pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Bina Evaluasi Siswa Terpadu dan (3) untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kualitas sistem pembelajaran (siswa tujuan metode media strategi pembelajaran evaluasi umpan balik) dan kepuasan siswa di Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis korelasi product moment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Lembaga Bimbingan Belajar BEST yang berjumlah 250 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan tabel Krejcie Morgan. Sampel diambil sebanyak 152 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas sistem pembelajaran dengan kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri. Hal ini terbukti dari analisis product moment diperoleh harga sebesar 0 643 dengan harga pada taraf signifikasi 0 05 atau 5% dengan N 152 responden yaitu sebesar 0 159. Dengan demikian diketahui bahwa lebih besar dari yaitu 0 643 0 159 atau sig.2 tailed hitung 0 000 0 05. Berdasarkan analisis data tersebut berarti ada hubungan yang kuat dan signifikan antara kualitas sistem pembelajaran dengan tingkat kepuasan siswa di Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri. Tingkat keeratan antara kualitas sistem pembelajaran dengan kepuasan siswa yaitu sebesar 64 3% dan 35 7% sisanya dipengarui oleh hal-hal lain. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) kualitas sistem pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri termasuk pada kualifikasi baik (2) kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri termasuk pada kualifikasi sangat tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas sistem pembelajaran dengan kepuasan siswa Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) Siswa dengan sistem pembelajaran yang baik hendaknya siswa mampu belajar dengan baik dan dapat meraih prestasi yang membanggakan (2) Pimpinan Lembaga Bimbingan Belajar BEST Kediri sebagai bahan informasi referensi dan evaluasi kerangka acuan strategis dalam menambah sumber ilmu pengetahuan dan pencapaian tujuan-tujuan yang belum sempat terjangkau agar lebih berkualitas dan mampu menghasilkan lulusan yang cerdas berdaya guna dan mampu bersaing diera global dalam kancah internasional secara optimal sehingga akuntabilitas pendidikan di Indonesia semakin membaik (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan untuk menambah referensi khususnya yang berhubungan dengan kualitas sistem pembelajaran dan juga kepuasan siswa sehingga bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian tentang sistem pembelajaran dapat melihat referensi yang ada dan (4) Peneliti lain diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai sistem pembelajaran dan kepuasan siswa dengan menambah kajian variabel yang lain sekiranya dapat mempengarui kepuasan siswa. Variabel lain yang direkomendasikan misalnya hubungan antara kualitas sistem pembelajaran dengan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item