Pengaruh persepsi atmosfer toko terhadap keputusan konsumen membeli pakaian (Studi kasus pada Toko Apolo Jln. Cokro Aminoto 22 Blitar) / Ageng Satriyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi atmosfer toko terhadap keputusan konsumen membeli pakaian (Studi kasus pada Toko Apolo Jln. Cokro Aminoto 22 Blitar) / Ageng Satriyono

Satriyono, Ageng (2012) Pengaruh persepsi atmosfer toko terhadap keputusan konsumen membeli pakaian (Studi kasus pada Toko Apolo Jln. Cokro Aminoto 22 Blitar) / Ageng Satriyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci atmosfer toko keputusan pembelian Meningkatnya kebutuhan konsumen mengakibatkan semakin pesatnya persaingan usaha untuk menyediakan kebutuhan tersebut. Dalam usaha bisnis bertujuan awal untuk mencapai keuntungan. Kondisi ini menuntut para pelaku usaha bisnis untuk tetap bertahan hidup dan menjaga eksistensi diantara berberapa pesaing yang ada. Misalnya pada usaha retail menghadapi tantangan bagaimana cara memikat konsumen sehingga loyalitas konsumen dapat tercapai. Oleh karena itu maka setiap pelaku usaha bisnis retail harus mempunyai strategi yang tepat. Desain atmosfer toko merupakan salah satu strategi yang berdampak terhadap minat keputusan konsumen untuk membeli. Toko Apolo no.22 Blitar tentunya memiliki strategi yang beda dibanding dengan toko pesaing terkait pengaturan atmosfer toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi atmosfer toko terhadap keputusan konsumen membeli pakaian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dan asosiatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung dari toko apolo 22 Blitar. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis deskriptif dapat diketahui deskripsi atmosfer toko Apolo 22 Blitar dirasakan kurang baik oleh konsumen dan perlu adanya perbaikan. Sedangkan berdasarkan pengaruh atmosfer toko baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian diperoleh kesimpulan bahwa 1) lay out berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian 2) aroma berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian 3) sajian musik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian 4) tata warna berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian 5) tata cahaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian dan 6) display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli pakaian. Berdasarkan beberapa kesimpulan diatas maka saran yang dapat peneliti berikan untuk toko Apolo harus meningkatkan atmosfer toko agar lebih baik lagi. Sedangkan untuk penelitian yang sejenis yang akan datang disarankan untuk menambah variabel bebas selain lay out aroma sajian musik tata warna tata cahaya dan display serta variabel terikat keputusan konsumen Sehingga hasil penelitian nantinya akan berbeda dan hal ini dapat dijadikan pembanding sekaligus melengkapi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item