Manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga dalam menyiapkan siswa menjadi wirausahawan (studi kasus di SMKN 3 Malang) / Heru Suwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga dalam menyiapkan siswa menjadi wirausahawan (studi kasus di SMKN 3 Malang) / Heru Suwanto

Suwanto, Heru (2011) Manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga dalam menyiapkan siswa menjadi wirausahawan (studi kasus di SMKN 3 Malang) / Heru Suwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga Manajemen adalah suatu proses menggerakkan segala sumberdaya yang ada agar mencapai tujuan yang diharapkan. Manajemen sangat penting bagi sekolah untuk mengelola sekolah tersebut agar lebih maju diantaranya yang perlu dikelola adalah kurikulum. Kurikulum merupakan bagian terpenting dalam lembaga pendidikan karena kurikulum adalah harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksnakan oleh guru di sekolah dimana keberhasilannya banyak ditentukan oleh penerapannya disekolah atau dilembaga pendidikan terkait. Kelas wirausaha jasa boga adalah kelas yang diperuntukan untuk siswa yang memiliki bakat dan minat untuk berwirausaha dibidang jasa boga. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jealas tentang manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan dan pengawasan kurikulum kelas wirausaha jasa boga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dalam pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga di SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus yang pada akhirnya peneliti dapat mendiskripsikan dan menganalisis secara rinci manajemen kurikulum kelas wirausaha jasa boga SMKN 3 Malang. Temuan penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran berangkat dari KTSP yang sudah dimodifikasi oleh pihak jurusan baik muatan pembelajaran model pembelajaran dan media pembelajaran. Setelah kurikulum jadi tindakan selanjutnya yaitu membuat silabus yang dilaksanakan oleh ketua kompetensi keahlian jasa boga dengan walikelas wirausaha. Selanjutnya membuat RPP yang dibuat oleh ketua kompetensi keahlian walikelas dan para guru kelas wirausaha jasa boga dengan dibentuk suatu kelompok satu kelompok membuat RPP satu mata pelajaran setelah itu dipresensikan kesemua guru untuk dibuat suatu keputusan RPP yang sesuai dengan yang dibutuhkan dikelas wirausaha jasa boga (2) pelaksanaan pembelajaran di kelas wirausaha jasa boga ini tidak hanya ada didalam kelas saja tetapi juga ada diruang praktik dan diluar sekolah. Hal ini dilakukan agar siswa tidak bosan dan juga siswa mendapatkan pengalaman yang banyak dengan belajar diluar. Selain itu media pembelajarannya tidak hanya lewat buku pelajaran saja tetapi bisa lewat majalah koran poster internet. Kelas wirausaha jasa boga harus mengembangkan kemampuannya dalam berkreasi untuk menciptakan suatu produk yang nantinya akan bisa dijual kepada masyarakat (3) pengawasan kurikulum dilaksanakan oleh tim khusus yang dibentuk oleh sekolah dan juga dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Pelaksanaannyapengawasan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang sewaktu-waktu sehingga tidak terjadwal kalau dari pihak sekolah biasanya satu tahun sekali. Untuk pengawasan kelas pembelajaran kelas wirausaha dilaksnakan oleh walikelas dan dibantu oleh para pendamping masing-masing kelompok dan juga para guru. Waktu pengawasan kelas wirausaha yang dilakukan oleh wali kelas setiap satu tahun sekali tetapi untuk pengawasan pendamping dilaksnakan setiap saat dan sifatnya terus menerus. Saran yang diberikan terkait dengan hasil penelitian ini yaitu (1) bagi kepala SMKN 3 Malang hendaknya lebih memperhatikan manajemen kurikulum kelas wirausaha mengingat kurikulum di Indonesia sering berganti-ganti. jika mendapatkan perhatian lebih bisa menjadikan SMKN 3 Malang tidak hanya sebagai sekolah pariwisata tetapi juga sekolah yang dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai skill wirausahawan dimana siswa dapat menghasilkan uang sendiri (2) Ketua kompetensi keahlian jasa boga hendaknya secara terus-menerus melakukan perbaikan dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran kelas wirausaha sehingga nantinya akan meningkatkan mutu pendidikan (3) Wali kelas dan Guru kelas wirausaha jasa boga hendaknya secara terus menerus melakukan perbaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengelola dan pengajar (4) Ketua Jurusan dan Dosen Administrasi Pendidikan hendaknya penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan refrensi dalam menyiapkan para mahasiswa agar dapat berwirausaha dan juga sebagai bahan masukan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang manajemen kurikulum (5) peneliti lain hendaknya melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui substansi manajemen kurikulum yang akan datang. Selain itu dengan memperdalam fokus penelitian dan kajian teorinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item