Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu) / Adevian Fahrunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu) / Adevian Fahrunnisa

Fahrunnisa, Adevian (2019) Pengembangan perangkat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu) / Adevian Fahrunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrunnisa A. 2019. Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Marketing (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran Smk Islam Batu). Skripsi Program Studi Pendidikan Tataniaga/Bisnis Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Kahoot Alat Evaluasi Quiz Interaktif Alat evaluasi atau perangkat evaluasi pembelajaran merupakan alat ukur untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana proses pembelajaran tersampaikan kepada peserta didik. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam pengambilan nilai guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (kertas). Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir peserta didik dalam belajar. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi dalam dunia pendidikan peneliti mengembangkan alat evaluasi yang sudah ada yaitu menggunakan aplikasi Kahoot dengan memanfaat potensi yang ada di sekolah yaitu ketersediaan komputer dan jaringan Wi-Fi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan perangkat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot dan bagaimana respon peserta didik terhadap alat evaluasi yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media dan angket respon penilaian peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi I mendapatkan persentase akhir sebesar 100% dan dari ahli materi II sebesar 90 55% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan pesentase akhir sebesar 98 33% dengan kategori sangat layak. Pada penilaian peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 80 00% dengan kriteria sangat menarik. Disimpulkan bahwa perangkat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot yang dikembangkan sangat layak sebagai perangkat evaluasi pembelajaran yang menarik interaktif menyenangkan dan sangat tepat untuk digunakan dalam pembelajaran Marketing pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/338967

Actions (login required)

View Item View Item