Manajemen pembelajaran bahasa inggris di Lembaga Pendidikan Nonformal (Studi kasus di basic english course (BEC) Pare-Kediri) / Umi Nafi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran bahasa inggris di Lembaga Pendidikan Nonformal (Studi kasus di basic english course (BEC) Pare-Kediri) / Umi Nafi'ah

Nafi'ah, Umi (2011) Manajemen pembelajaran bahasa inggris di Lembaga Pendidikan Nonformal (Studi kasus di basic english course (BEC) Pare-Kediri) / Umi Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Manajemen pembelajaran Bahasa Inggris pendidikan nonformal BEC Pare-Kediri. Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan yang penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pendidikan di Indonesia dibagi menjadi tiga sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 pasal 13 yaitu pendidikan formal nonformal dan infomal. Pendidikan formal meliputi sekolah pendidikan nonformal meliputi lembaga kursus dan pendidikan informal dilakukan oleh keluarga. Diadakannya pendidikan nonformal ini bertujuan pengganti penambah dan pelengkap pendidikan formal. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan nonformal tidak jauh berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya. Dalam pembelajaran juga dibutuhkan manajemen yang baik. Manajemen pembelajaran tersebut meliputi perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Ketiga prinsip tersebut tidak dapat dipisahkan. Hal ini dikarenakan keberhasilan pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pimpinan bisa mengatur manajemen pembelajaran dengan baik mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah manajemen pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga pendidikan nonformal di Basic English Course (BEC) Pare-Kediri. Subfokus pada penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris (3) evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di BEC Pare-Kediri dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara tidak terstruktur (2) observasi berperan serta (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut diorganisasi dan dianalisis. Keabsahan data dicek dengan menggunakan ketekunan pengamatan teknik triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut pertama perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris yang terdiri dari penentuan materi penentuan guru sebagai penyampai materi perencanaan metode pembelajaran dan penyusunan jadwal pelajaran. Kedua dalam pelaksanaan pembelajaran BEC membagi menjadi tiga level belajar yaitu BTC CTC TC dan menggunakan metode pembelajaran yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Metode-metode belajar yang digunakan yaitu ceramah diskusi debat percobaan/praktik hafalan dan mengadakan review. Ketiga BEC menggunakan dua macam evaluasi yaitu evaluasi pembelajaran dan evaluasi pada siswa. Dua evaluasi tersebut saling mempengaruhi terhadap nilai dan kelulusan siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) Bagi kepala BEC untuk menambah fasilitas pembelajaran Bahasa Inggris agar pembelajaran bisa lebih optimal (2) Bagi kepala lembaga kursus yang lain untuk mengkaji lebih dalam tentang manajemen pembelajaran yang diterapkan di BEC (3) Jurusan mengkaji tentang manajemen di lembaga nonformal (4) disarankan bagi peneliti lain agar dapat meneliti manajemen pembelajaran dari substansi lain dengan latar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item