Tipe dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut Tulungagung / Titik Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tipe dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut Tulungagung / Titik Ernawati

Ernawati, Titik (2011) Tipe dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut Tulungagung / Titik Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tipe peran kepemimpinan pengembangan taman kanak-kanak. Tipe dan peran kepemimpinan merupakan aspek penting dalam mendukung kelancaran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga. Tipe kepemimpinan akan mewarnai berbagai aktivitas di sekolah. Menurut Lewin dalam Kartono (2008 2) macam-macam tipe kepemimpinan kepala sekolah adalah otokratis laissez faire dan demokratis. Penerapan tipe ini saling melengkapi satu sama lain sesuai kondisi dan situasi yang dihadapi. Kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga juga harus mejalankan peran sebaik mungkin. Peran tersebut antara lain edukator manajer administrator supervisor leader inovator dan motivator. Peran ini populer dengan singkatan EMASLIM. Penerapan tipe dan peran yang tepat akan membuat pencapaian tujuan dapat maksimal dan berimbas pada peningkatan kualitas lembaga. Menurut Hoy Ferguson 1985 dalam Bafadal (2006 13) sekolah dinyatakan berkualitas apabila mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang ditandai dengan prestasi lulusan sekolah baik secara akademik dan non akademik. Sekolah dikatakan berkembang apabila mampu memajukan outputnya melalui prestasi akademik maupun non akademik. TK favorit dan dikenal berprestasi di Kecamatan Ngunut adalah TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut. Selama tiga dekade TK ini dipimpin oleh kepala sekolah yang sama dan setiap tahunnya selalu berprestasi. Berdasarkan paparan tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tipe peran dan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam observasi partisipasi nihil dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisis secara berulang-ulang untuk menyusun konsep dan abstraksi temuan lapangan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kriteria kredibilitas dan dependabilitas. Temuan penelitian ini yaitu (1) tipe kepemimpinan Kepala TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut dalam mengembangkan sekolah adalah tipe kepemimpinan demokratis dengan yang cirinya a) Berorientasi pada hubungan dengan bawahan b) menempatkan bawahan sebagai keluarga c) mau menerima saran dan kritik dari bawahan d) menaruh kepercayaan pada bawahan bahwa mereka mempunyai kesanggupan bekerja dengan penuh tanggung jawab e) mendelegasikan sebagian wewenangnya pada bawahan dan f) mengambil kebijakan sesuai situasi yang dihadapi. (2) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga adalah LMMSAEI yaitu leader manajer motivator supervisor administrator edukator inovator. Peran sebagai leader dan manajer lebih dominan dibandingkan peran lain ditinjau dari kualitas dan kuantitas penerapannya. (3) Strategi pengembangan yang dilakukan Kepala Sekolah TK Kemala Bhayangkari 49 Ngunut Tulungagung dalam meraih tujuan melalui tahapan-tahapan a) menetapkan skala prioritas dengan menanamkan pentingnya lomba bagi peningkatan kualitas sekolah b) menyusun strategi lomba melalui rapat dewan guru c) mengimplementasikan strategi dengan melibatkan siswa guru wali murid dan komite sekolah d) mengevaluasi strategi dan melakukan perbaikan apabila terjadi kendala e) mengembangkan visi dan strategi dengan cara mengikutkan lomba f) memberikan penghargaan terhadap hasil lomba dan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item