Strategi sekolah dalam persiapan ujian akhir sekolah berstandar nasional melalui tambahan jam pelajaran: studi multi situs di SDN Magetan 2 dan SDN Nitikan Kabupaten Magetan / Giselo Kusuma Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi sekolah dalam persiapan ujian akhir sekolah berstandar nasional melalui tambahan jam pelajaran: studi multi situs di SDN Magetan 2 dan SDN Nitikan Kabupaten Magetan / Giselo Kusuma Astuti

Astuti, Giselo Kusuma (2011) Strategi sekolah dalam persiapan ujian akhir sekolah berstandar nasional melalui tambahan jam pelajaran: studi multi situs di SDN Magetan 2 dan SDN Nitikan Kabupaten Magetan / Giselo Kusuma Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran tambahan jam pelajaran UASBN Strategi tambahan jam pelajaran adalah proses perencanaan pelaksanaan dan evaluasi untuk untuk mencapai tujuan yang t elah ditentukan secara efektif dan efisien. Tambahan jam pelajaran merupakan kegiatan di luar jam reguler untuk membantu peserta didik menghadapi UASBN. Kegiatan ini menjadi kegiatan wajib setiap tahunnya di SDN Magetan 2 dan SDN Nitikan yang berfungsi untuk membantu peserta didikya menghadapi UASBN. Fokus penelitian meliputi (1) bagaimana persiapan sekolah dalam UASBN (2) bagaimana perencanaan strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran (3) bagaimana pelaksanaan strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran (4) bagaimana penilaian strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran dan (5) apa dampak dari strategi sekolah dalam persiapan UASBN melalui tambahan jam pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini dirancang dengan menggunakan studi multi situs karena penelitian ini dilakukan di dua sekolah berbeda namun memiliki persamaan dalam penelitian yakni strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran. Data yang telah diperoleh dianalisis saat dan selesai pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dianalisis dicek keabsahannya dengan menggunakan ketekunan pengamatan tringulasi dan kecukupan referensial. Hasil temuan-temuan penelitian ini sebagai berikut (1) persiapan sekolah dalam UASBN meliputi (a) langkah yang diambil sekolah dalam persiapan UASBN adalah tambahan jam pelajaran dan try out (b) langkah yang diambil sekolah untuk memotivasi peserta didiknya agar tetap fokus pada UASBN adalah membeikan masukan-masukan pengertian-pengertian dan penghargaan untuk memacu semangat belajar peserta didik (2) perencanaan strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran meliputi (a) kebijakan SDN Magetan 2 diambil dari sekolah dan dimusyawarahkan dengan orang tua peserta didik kelas 6 sedangkan SDN Nitikan hanya dari sekolah (b) bagaimana alokasi/jadwalnya dilaksanakn setelah pulang sekolah namun SDN Nitikan PAI di pagi hari sebelum jam regular dilaksanakan (c) SDM yang dimilki sekolah masih ada yang belum S1 namun sudah berkompeten dibidangnya (d) biaya yang ditetapkan sekolah untuk SDN Magetan 2 dari komite sekolah sedangkan SDN Nitikan tak dipungut biaya (e) perlakuan khusus bagi peserta didik yang pintar dan kuarang dilakukan dengan memberi perhatian lebih dan membantu dalam pemecahan soal-soal (f) penyusunan tata tertibnya dilakukan oleh pihak sekolah (g) perencanaan system penghargaan dilakukan sekolah untuk memacu peserta didik agar giat belajar (3) pelaksanaan strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran meliputi (a) metode yang digunakan bermacam-macam tergantung dari guru bidang studi misalnya kuis drill pengulangan soal-soal (b) sumber belajar yang digunakan adalah buku paket soal-soal pengayaan dan buku penunjang yang mengarah pada kisi-kisi UASBN (4) penilaian strategi sekolah dalam tambahan jam pelajaran meliputi (a) sekolah melakukan penilaian dengan langsung membahas soal-soal yang telah diberi sehingga dapat segera diketahui peserta didik mana dan soal mana yang belum dikuasai (b) diadakan penilaian saat peserta didik selesai mengarjakan soal yang diberikan (c) yang melakukan penilaian adalah guru bidang studi dan (5) dampak dari strategi sekolah dalam persiapan UASBN melalui tambahan jam pelajaran. meliputi (a) dampaknya adalah peserta didik menjadi mengerti dan bisa mengerjakan soal-soal dan tenaga terforsir karena harus meluangkan waktu lebih (b) sekolah mengatasi dampak negatif dengan pemberian tambahan jam pelajaran senyaman mungkin dan pemberian reward agar peserta didik semangat dalam belajar (c) upaya sekolah untuk mempertahankan bahkan meningkatkan dampak positif sekolah tetap memberikan soal-soal yang mengarah ke kisi-kisi UASBN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item