Trisnawati, Arista (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share sebagai upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS di SDN tanjungrejo 5 Malang / Arista Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Keaktifan siswa hasil belajar. Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dimana model pembelajaran ini merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir merespon serta saling membantu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari tes hasil belajar siswa hasil observasi/pengamatan dan dilengkapi catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang dengan jumlah siswa 34 orang. Pada materi kenampakan alam sosial dan budaya setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53 2% dan ketuntasan klasikal 44 1% menjadi sebesar 70 8% dan pada siklus II ketuntasan klasikal 85 2% sedangkan rata-rata keaktifan siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 56 7% dan 65 8% pada siklus II pertemuan 1 dan 2 sebesar 74 6% dan 83 4%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) bagi guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS sebagai salah satu model pembelajaran alternatif agar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa yaitu dengan mengubah langkah-langkah pembelajaran dalam RPP sesuai sintaks TPS (2) bagi sekolah disarankan untuk menerapkan model kooperatif TPS dalam meningkatkan kualitas/mutu pembelajaran di sekolah pengetahuan TPS dapat diperoleh melalui seminar dan pelatihan-pelatihan tentang pembelajaran TPS (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji model kooperatif TPS dengan variabel yang berbeda seperti motivasi belajar (4) bagi siswa siswa dapat menggunakan model TPS pada mata pelajaran yang lain misalnya IPA. Sehingga diharapkan hasil belajar serta aktivitas siswa dapat meningkat pada semua mata pelajaran yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |