Susrivani, Tri Alvianti Putri (2024) Analisis nilai-nilai kearifan lokal pada karya tari miyang di kabupaten tuban / Tri Alvianti Putri Susrivani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tari Miyang adalah tari kreasi baru dari Kabupaten Tuban. Tari Miyang memiliki arti ldquo pergi melaut untuk mencari ikan rdquo . Tari Miyang menceritakan tentang penggambaran seorang perempuan pesisir yang tengah bahagia menyambut datangnya para nelayan atau suami-suami mereka yang pergi melaut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk Tari Miyang dan nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada karya Tari Miyang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini terdiri dari empat yaitu reduksi data penyajian data keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Verifikasi data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) Bentuk tari serta unsur pendukung pada Tari Miyang yang terdiri dari ragam gerak tata busana tata rias properti dan iringan musik. 2) Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam karya Tari Miyang yaitu nilai pendidikan religius sosial dan budaya. Nilai pendidikan Tari Miyang yaitu memberikan edukasi tentang nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat di Kabupaten Tuban. Nilai religius berhubungan dengan kepercayaan masing-masing manusia kepada Tuhan-Nya. Nilai sosial digambarkan dengan adanya interaksi serta gotong royong. Nilai Budaya yaitu kebiasaan para isteri nelayan yang diekspresikan dalam bentuk karya seni tari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/337347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |