Ningsih, Yuniawati (2011) Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler (Studi kasus: Madrasah Ibtida'iyah Ma'arif desa Pagerwojo kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Yuniawati Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengelolaan ekstrakurikuler faktor penghambat faktor pendukung Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler diperlukan siswa sebagai media untuk mengembangkan potensi diri selain itu diharapkan mampu mengangkat dan mengharumkan nama sekolah dengan prestasinya khususnya prestasi non akademik. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler mendapat proporsi yang tidak seimbang kurang mendapat perhatian bahkan cenderung disepelekan. Perhatian sekolah-sekolah juga masih kurang serius hal ini terlihat dari kurangnya dukungan yang memadai baik dari segi dana perencanaan dan pelaksanaan serta perannya sebagai bagian dari evaluasi keberhasilan siswa. Selain itu kecerdasan manusia tidak hanya dilihat dari kecerdasan intelektual saja tetapi juga dilihat emosionalnya kreativitasnya religiusnya. Keberagaman kecerdasan ini sangat mungkin tidak terakomodasi selama proses pembelajaran. Sekolah hanya mengutamakan pencapaian logicaldan mathematical intelegence. Padahal potensi anak beragam dan sangat memungkinkan kecerdasan tersebut dapat diasah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian pemahaman dan pengelolaan ektrakurikuler yang baik akan membentuk siswa yang kreatif inovatif dan beradab. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler MI Ma arif Pagerwojo yang meliputi perencanaan pengorganisasian penggerakan serta pengawasan (2) faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler MI Ma arif Pagerwojo dan cara mengatasinya (3) faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler MI Ma arif Pagerwojo dan cara memaksimalkannya. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan desain yang digunakan adalah desain studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi berperanserta dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan triangulasi perpanjangan keikutsertaan dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan diperoleh empat simpulan sebagai berikut (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pengambilan keputusan diadakan ekstrakurikuler adalah berdasarkan keputusan rapat dan banyaknya siswa yang berminat. Tujuan dan program kerja difokuskan pada kegiatan perlombaan. Pengadaan sarana dilakukan secara bertahap apabila dana utama tidak mencukupi tambahan dananya harus mengajukan proposal dulu ke yayasan. Berkaitan dengan sumber dana utama berasal dari BOS dan infaq. Anggaran dana setiap ekstrakurikuler berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang diikuti ekstrakurikuler tersebut. (2) Pengorganisasian yang berkaitan dengan pemilihan personil diputuskan berdasarkan rapat dengan kriteriatertentu. Peran masing-masing personil sesuai dengan struktur organisasinya. Yayasan sebagai pelindung kepala Madrasah sebagai penanggungjawab Waka Kesiswaan sebagai perantara antara Kepala Madrasah dengan koordinator dan pelatih koordinator yang menjalankan ekstrakurikuler dan pelatih membantu tugas koordinator sebagai pelaksana dalam hal memberikan pengajaran dan pelatihan. (3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler secara umum dilakukan rutin tiap minggu sekali kecuali ekstrakurikuler drumband dua minggu sekali. Target pelaksanaannya secara umum difokuskan pada pencapaian prestasi non akademik melalui perlombaan yang diikutinya. Secara umum hambatan dalam pelaksanaannya dikarenakan minimnya dana kurangnya minat siswa jika tidak ada perlombaan dan kurangnya dukungan orangtua. Sedangkan faktor pendukung diantaranya adalah siswa yang bersemangat jika ada perlombaan atau event yang dihadiri sarana yang memadai dan pelatih yang profesional. (4) Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler berkaitan dengan penilaian dari semua personil yang terlibat. Kinerja koordinator diawasi oleh Waka Kesiswaan kinerja pelatih diawasi oleh Koordinator dan perkembangan siswa diawasi oleh Pelatih. Semua pengawasan tersebut memiliki kriteria yang berbeda-beda dan pengawasannya dilakukan secara langsung namun belum ada instrumennya. Saran yang dapat dikemukakan adalah kepada Kepala MI Ma arif Pagerwojo hendaknya lebih meningkatkan perhatiannya terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler misalnya dengan turut serta melakukan pengawasan secara langsung terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler ikut serta memberikan masukan tentang pembuatan program kerja ekstrakurikuler. Kepada Guru Pembina Ekstrakurikuler (Koordinator) hendaknya membuat program kerja yang lebih rinci membuat tata tertib bagi siswa dan pelatih ekstrakurikuler serta membuat instrumen untuk pengawasan. Kepada Organisasi Ma arif hendaknya memberikan anggaran dana khusus bagi pelaksanaannya. Kepada Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya turut membantu pihak-pihak sekolah yang lain berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikulernya dengan melakukan penelitian di sekolah yang lain sehingga bisa membandingkan keadaan di lapangan dengan teori yang pernah diterima di perkuliahan. Kepada Peneliti berikutnya hendaknya melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler yang akan datang dengan menambah situs penelitian. Kepada Kepala Sekolah pada umumnya hendaknya bisa mengambil hal-hal yang positif mengenai pengelolaan ekstrakurikuler di MI Ma arif Pagerwojo yang sekiranya dapat menunjang kemajuan ekstrakurikuler di sekolahnya. Kepada Pengawas Sekolah hendaknya turut membantu peningkatan kegiatan ekstrakurikuler dengan secara terprogram melakukan pengawasan terhadap kegiatan ekstrakurikuler pula tidak hanya masalah pembelajaran saja.Kepada Kepala Dinas Pendidikan hendaknya memberikan penghargaan bagi sekolah yang memiliki prestasi non akademik yang baik sehingga bisa memotivasi sekolah untuk selalu melakukan peningkatan kegiatan ekstrakurikulernya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3373 |
Actions (login required)
View Item |