Subekti, Yoan Fatimah Azzahra Putri (2024) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan musik gambus oud terhadap siswa Kelas viii a SMP Negeri 25 Malang / Yoan Fatimah Azzahra Putri Subekti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan minat dan hasil belajar teknik bermain musik tradisional menjadi masalah utama penelitian ini. Minat dan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMPN 25 Malang yang sangat rendah karena metode ajar yang digunakan oleh guru berisi penjelasan bahan ajar tayangan PPT dan praktik. Namun guru Seni Budaya di SMPN 25 Malang memiliki keterbatasan skill dalam mengajar keterampilan musik dan menjadikan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan sebagai proses penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar menggunakan Musik Gambus Oud pada siswa kelas VIII A SMPN 25 Malang. Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang digunakan subjek penelitian siswa kelas VIII A semester genap dengan jumlah 32 siswa. Pada tes minat belajar siklus I dengan skor rata-rata 52 16 (tinggi) rata-rata tes hasil belajar siswa 76 31 pada observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 55%. Pada siklus II terdapat peningkatan pada tes minat belajar siklus II dengan skor 67 18 (sangat tinggi) tes hasil belajar siswa 80 39 observasi ketelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 90% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar dan hasil belajar teknik bermain musik tradisional Musik Gambus Oud dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VII A SMPN 25 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/337276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |