Rizal, Muhammad (2023) Strategi pembelajaran musik ansambel pada anak jalanan di komunitas save street child (ssc) lowokwaru malang / Muhammad Rizal</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizal Muhammad. 2020. Strategi Pembelajaran Musik Ansambel pada Anak Jalanan di Komunitas Save Street Child (SSC) Lowokwaru Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. E. W. Suprihatin Dyah P M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci strategi pembelajaran musik ansambel anak jalanan Strategi pembelajaran musik ansambel di komunitas Save Street Child (SSC) Malang merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Komunitas SSC merupakan salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial khususnya dalam menaungi anak-anak jalanan. Komunitas SSC melaksanakan kegiatan belajar-mengajar tapi dalam penerapannya komunitas tidak mengacu pada kurikulum tertentu namun kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung dengan baik. Selain itu guru pengajar di komunitas SSC bukan guru yang memiliki latar belakang kependidikan akan tetapi guru SSC sangat berperan penting dalam mengembalikan semangat dan minat belajar anak-anak jalanan. Hal ini tentu saja menjadi pertanyaan publik tentang strategi pembelajaran apakah yang diterapkan pada kegiatan belajar di komunitas SSC Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran musik ansambel penyampaian pembelajaran musik ansambel dan pengelolaan pembelajaran musik ansambel pada anak-anak jalanan di komunitas Save Street Child Malang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan tentang Strategi Pembelajaran Musik Ansambel pada Anak Jalanan di Komunitas Save Street Child (SSC) Lowokwaru Malang. Prosedur pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber agar data yang dikumpulkan dari berbagai prosedur dan sumber menjadi lebih akurat. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan oleh komunitas SSC tidak menggunakan RPP. Materi yang diajarkan sesuai dengan program kerja yang telah ditentukan Komunitas. Terdapat tiga metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi yaitu metode ceramah drill dan demonstrasi. Pengelolaan pembelajaran guru mengarah pada pengelolaan ruang berhubungan dengan tempat yang nyaman untuk digunakan belajar dan pengelolaan siswa bagaimana guru dapat mengatasi permasalahan individu dan permasalahan kelompok yang terjadi dalam kelas sehingga semua siswa dapat memahami materi yang diberikan tanpa terkecuali. Strategi pembelajaran musik ansambel memiliki tiga hal pokok dalam penerapannya yaitu pengorganisasian pembelajaran penyampaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran. Saran bagi peneliti berikutnya agar bisa mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial bermain alat musik ansambel sederhana bagi anak-anak jalanan supaya kegiatan belajar mengajar lebih menarik minat belajar anak-anak jalanan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/337263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |