Penerapan metode tutor sebaya seni musik untuk meningkatkan keterampilan vokal di Kelas X Radio SMKN 1 Blitar / Devita Ayuningtyas Sabatanus</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode tutor sebaya seni musik untuk meningkatkan keterampilan vokal di Kelas X Radio SMKN 1 Blitar / Devita Ayuningtyas Sabatanus</p>

Sabatanus, Devita Ayuningtyas (2023) Penerapan metode tutor sebaya seni musik untuk meningkatkan keterampilan vokal di Kelas X Radio SMKN 1 Blitar / Devita Ayuningtyas Sabatanus</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Devita Ayuningtyas Sabatanus E.W.Suprihatin Hartono Kelas X Radio SMKN 1 Blitar menjadi lokasi untuk melakukan Penelitian Tindakan kelas dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi olah vokal. Peneliti dan guru Seni Budaya menyimpulkan dari hasil wawancara yang dilakukan di SMKN 1 Blitar menghasilkan data bahwa nilai dari kelas X Radio pada mata pelajaran Seni Budaya adalah nilai terendah dari semua kelas yang ada. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar sekelompok peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan dengan cara menggunakan metode tutor sebaya. Cara pengelompokan dan memilih siswa yang nilai akademiknya sudah tuntas untuk menjadi mentor dalam setiap kelompok dan membantu siswa lainnya mencapai target tuntas dalam mata pelajaran Seni Budaya. Menggeser tutor ke kelompok yang berbeda dan siswa X Radio SMKN 1 Blitar ini menghasilkan nilai yang lebih baik dari segi materi teori dan materi praktek yang di laukan. Dengan mengadakan dua kali pertemuan atau dua siklus dalam penelitian ini. Siklus pertama serta siswa X Radio SMKN 1 Blitar menjadi lebih paham dengan metode pembelajaran tutor sebaya. Siklus pertama menghasilkan nilai yang cukup namun belum dari 70% siswa ada peningkatan. Dilakukannyalah lagi siklus kedua dengan cara memutar ketua atau tutor setiap kelompok ke kelompok lain. Setiap siswa dapat menuntaskan nilai mereka yang sebelumnya tidak tuntas karena ketidakpahaman dalam penyampaian materi. Adanya metode ini bagi tutor di tiap kelompok merupakan kesempatan untuk melatih diri memegang tanggung jawab dalam mengemban tugas dan menaikkan tingkat percaya diri pada siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/337249

Actions (login required)

View Item View Item