Jamil, Masyrufah (2011) Persepsi wali murid, siswa dan guru terhadap kualitas layanan jasa pada SMPN 1 Sukodono Lumajang atas penerapan sistem RSBI / Masyrufah Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi Kualitas Layanan Jasa Pada SMPN 1 Sukodono Lumajang. Persepsi adalah tanggapan wali murid siswa dan guru terhadap kualitas layanan jasa pada SMPN 1 Sukodono Lumajang atas penerapan sistem RSBI di mana tanggapan dari responden yang berbeda antara yang satu dengan yang lain tergantung pada pandangan dan penilaiannya terhadap sekolah yang nantinya akan timbul persepsi sangat baik baik cukup baik tidak baik dan sangat tidak baik. Kualitas layanan jasa pada sekolah adalah sesuatu yang dinilai oleh masyarakat atau anggota sekolah yang mana mereka berpersepsi bahwa sekolah tersebut bernilai baik. RSBI merupakan kemajuan di dunia pendidikan dengan memperhatikan tingkat kependidikannya secara awam ditafsirkan sekolah dengan kualitas lulusan yang mampu menggunakan Bahasa Inggris. Khususnya yang sampai saat ini atau bahkan untuk tahun ke depanpun merupakan tolak ukur utama siswa atau seseorang dikatakan mempunyai kemampuan lebih di dunia pendidikan. Sekolah yang berkualitas baik adalah yang berstandar Internasional. Berkaitan dengan kualitas layanan jasa pada SMPN 1 Sukodono Lumajang maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wali murid siswa dan guru terhadap kualitas layanan jasa pada SMPN 1 Sukodono Lumajang yang memiliki pengaruh besar terhadap penilaian sekolah. Penelitian ini menggunakan metode noneksperimen dengan pendekatan kuantitatif sedang analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi wali murid siswa dan guru terhadap layanan jasa pada kualitas SMPN 1 Sukodono Lumajang. Populasi Penelitian ini berjumlah 1.196 responden yang diambil dari jumlah wali murid sebanyak 569 siswa sebanyak 569 dan guru sebanyak 58 sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 168 responden yang diambil dari 10% jumlah wali murid dan siswa 58 dari jumlah guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dan simpel random sampling dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Skala pengukuran yang digunakan pada instrumen penelitian ini menggunakan skala likert yaitu skala yang digunakan untuk mengukur sikap pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari jawaban responden dari pernyataan dalam angket dan dokumentasi data. Analisis data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 13 for windows. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan persepsi antara wali murid siswa dan guru tehadap kualitas layanan jasa pada SMPN 1 Sukodono Lumajang. Pada variabel persepsi terhadap kualitas layanan jasa pada sekolah terdapat indikator-indikator yang terdiri dari bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan empati layanan bagi pelanggan kepemimpinan pembelajaran efektif dan standar-standar. Wali murid mempersepsikan bahwa kualitas layanan jasa pada sekolah sangat baik dengan nilai 156 46 siswa mempersepsikan baik dengan nilai 146 71 dan guru mempersepsikan baik dengan nilai 127 55. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan persepsi wali murid siswa dan guru dapat diketahui bahwa sekolah tersebut memiliki kualitas yang baik dengan nilai 143 58. Kepala SMPN 1 Sukodono Lumajang hendaknya dalam usaha peningkatan kualitas layanan pendidikan diharapkan untuk melakukan suatu evaluasi secara mendalam atas penerapan Sistem RSBI yang telah dilakukan. Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi tambahan untuk jurusan dalam pengembangan perkuliahan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui penerapan program RSBI. Bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menanbahkan variabel-variabel lain dan lebih mengulas tentang standar-standar RSBI yang berdasarkan atau memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3370 |
Actions (login required)
View Item |