Implementasi strategi pembelajaran JIGSAW untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD di SDN 02 Bulu Lor Jambon Jombang / Hendri Eka Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi pembelajaran JIGSAW untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD di SDN 02 Bulu Lor Jambon Jombang / Hendri Eka Fitriana

Fitriana, Hendri Eka (2012) Implementasi strategi pembelajaran JIGSAW untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD di SDN 02 Bulu Lor Jambon Jombang / Hendri Eka Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Jigsaw Hasil Belajar. Berdasarkan observasi diketahui bahwa pembelajaran IPS kelas V SDN 02 Bulu Lor Jambon Ponorogo masih berpusat pada guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini juga dapat dilihat dari siswa yang kurang menguasai pengertian konsep dalam pembelajaran. Selain itu guru belum pernah menggunakan strategi pembelajaran lain dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi strategi pembelajaran Jigsaw dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Jigsaw. Strategi pembelajaran Jigsaw adalah pembelajaran yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Langkah-langkah Jigsaw yang digunakan adalah (1) Siswa dibagi atas beberapa kelompok (tiap kelompok anggotanya 5-6 orang) (2) Materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sub bab (3) Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab mempelajarinya (4) Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok-kelompok ahli untuk mendiskusikannya (5) Setiap anggota kelompok ahli setelah kembali ke kelompoknya bertugas mengajar teman-temannya (6) Pada pertemuan dan diskusi kelompok asal siswa-siswa dikenai tagihan berupa kuis individu. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 02 Bulu lor Jambon Ponorogo. Pada siklus I diperoleh rata-rata 43 60 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 74 22. Siswa yang mendapat nilai mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) meningkat pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 12 5% sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan sebesar 78 12%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian disarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran IPS khususnya atau pada mata pelajaran lain yang sesuai dengan strategi pembelajaran Jigsaw. Karena strategi pembelajaran Jigsaw sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item