Analisis faktor motivasional yang mentukan pilihan orangtua untuk memasukkan anaknya di play group dan taman kanak-kanak katholik santa maria di Blitar / Surya Dwi Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor motivasional yang mentukan pilihan orangtua untuk memasukkan anaknya di play group dan taman kanak-kanak katholik santa maria di Blitar / Surya Dwi Yulianti

Yulianti, Surya Dwi (2011) Analisis faktor motivasional yang mentukan pilihan orangtua untuk memasukkan anaknya di play group dan taman kanak-kanak katholik santa maria di Blitar / Surya Dwi Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci faktor motivasional yang menetukan pilihan orangtua. Seiring berkembangnya zaman yang semakin maju dan modern perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat. Akan tetapi dalam hal ini pendidikan tetap merupakan modal dasar yang harus dimiliki setiap orang untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Saat ini setiap orangtua menginginkan anaknya lebih baik dari yang mereka peroleh sekarang sehingga keturunannya kelak memperoleh kesejahteraan dan peluang kerja yang lebih baik. Terkait dengan hal peningkatan mutu pendidikan usaha pemerintah dalam hal ini adalah dengan mengadakan program gerakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun. Program ini dilaksanakan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Hal tersebut tidak akan pernah lepas dari pendidikan Taman Kanak-kanak. Play Grup (PG) dan Taman Kanak-kanak Katholik (TKK) Santa Maria Blitar adalah salah satu sekolah tempat orangtua mempercayakan adanya pembentukan budi pekerti dan anak berkualitas. Sistem full day school mengharuskan anak menghabiskan waktu di sekolah. Hal itu bertolak belakang dengan fungsi sekolah yang sebenarnya. Fungsi sekolah yang ideal bagi anak adalah tempat sebaiknya menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh kembang intelektual spiritual kecerdasan emosi serta keterampilan sosial anak mengingat interaksi anak dengan lingkungan di luar sekolah sangat sedikitDi sekolah PG dan TKK Santa Maria Blitar tidak diadakan kelas full day karena di sini sekolah menerapkan sikap pembentukan karakter anak dan budi pekerti yang baik. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah (1) apa saja yang menjadi faktor motivasional yang menentukan pilihan orangtua/wali murid memasukkan anaknya di PG dan TKK Santa Maria di Blitar (2) apa faktor yang dominan dalam menentukan pilihan orangtua/wali murid memasukkan anaknya di PG dan TKK Santa Maria di Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui faktor motivasional apa saja yang menentukan pilihan orangtua/wali murid memasukkan anaknya di Play Group dan Taman Kanak-kanak Katholik Santa Maria Kota Blitar (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam menentukan pilihan orangtua/wali murid untuk memasukkan anaknya di Play Group dan Taman Kanak-kanak Katholik Santa Maria Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis eksploratorik dan analisis statistik deskriptif. Metode ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi faktor-faktor yang sudah ada. Populasi penelitian ini adalah orangtua/wali murid Play Group dan TKK Santa Maria di Blitar yang berjumlah 168 orang. Sampel dari penelitian ini berjumlah 118 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir pertanyaan/pernyataan berjumlah 59 butir. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis factor dan analisis deskriptif menggunakan program computer SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) for Windows Version 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan faktor-faktor baru hasil dari analisis faktor faktor-faktor tersebut adalah (1) Kreatifitas Interaksi Personal (2) Legitimasi Publik (3) Perlakuan Yang Adil (4) Kemajuan Prestasi Anak (5) Peningkatan Kemampuan Belajar (6) Primordialisme (7) Pelayanan Prima (8) Kebanggaan (9) Relasi Sekolah (10) Pemenuhan Harapan (11) Pemenuhan Hubungan Baik Sekolah Dengan Alumni (12) Meritrokasi (13) Prasarat input Peserta Didik (14) Keluwesan Komunikasi Wali Murid atau Orangtua dan (15) Egaliter (16) Harmoni Sejawat. Berdasarkan temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini saran yang dikemukakan oleh penulis para orangtua/wali murid hendaknya memperhatikan bahwa faktor-faktor motivasi juga menjadi salah satu faktor yang dominan bagi orangtua siswa. Keunggulan-keunggulan yang sudah dimiliki oleh sekolah harus dijadikan sebagai acuan dalam memilih sekolah untuk anak. Play Group dan TK Katholik Santa Maria merupakan salah satu contoh sekolah untuk Taman Kanak-kanak atau pendidikan usia dini yang bisa dijadikan pilihan yang baik. Hal itu dikarenakan TK Katholik Santa Maria di Blitar memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan sekolah Taman Kanak-kanak yang lain.Faktor-faktor yang ditentukan peneliti dalam penelitian ini memperlihatkan tentang hak dan kewajiban orangtua murid guru dan karyawan di sekolah. Untuk Kepala Sekolah Play Group dan TK Katholik Santa Maria di Blitar sebaiknya tetap mempertahankan motivasi-motivasi orangtua menentukan pilihan memasukkan anaknya ke Play Group dan TK Katholik Santa Maria juga mempertahankan semua keunggulan yang sudah ada pada sekolah tersebut. Supaya sekolah TK Katholik Santa Maria menjadi sekolah unggulan di kalangan Taman Kanak-kanak sehingga orangtua lebih mempercayakan pilihan memasukkan anaknya ke TK Katholik Santa Maria di Blitar. Bagi penelitian lain hendaknya melakukan penelitian dengan variabel-variabel lain dan memperluas lokasi penelitian serta memperbanyak subjek yang diteliti sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang bermanfaat dan berkualitas. Apabila melakukan kajian ulang terhadap hasil penelitian dengan menguji kebenaran hasil penelitian ini ternyata motivasi-motivasi tersebut benar merupakan landasan orangtua memasukkan anaknya ke TKK Santa Maria bila melakukan penelitian dengan materi yang sama tentang motivasi orangtua menyekolahkan anaknya maka sepatutnya menempatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi yang memperkaya teori motivasi. Sebaliknya jika ternyata motivasi-motivasi ini tidak seluruhnya benar maka sebaiknya disanggah dengan mengemukakan teori motivasi baru yang menentukan pilihan orangtua untuk memasukkan anaknya ke suatu sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item