Implementasi penjaminan mutu dalam mengefektifan proses pembelajaran (Studi kasus di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM) / Fatriya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penjaminan mutu dalam mengefektifan proses pembelajaran (Studi kasus di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM) / Fatriya Sari

Sari, Intan Fatriya (2011) Implementasi penjaminan mutu dalam mengefektifan proses pembelajaran (Studi kasus di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM) / Fatriya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi penjaminan mutu mengefektifkan proses pembelajaran Penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan perguruan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholder memperoleh kepuasan.Di Universitas Negeri Malang melaksanakan penjaminan mutu sebagai bentuk penilaian terhadap komitmen pimpinan dosen tenaga administrasi mahassiswa. Sebagai wujud komitmen terhadap penjaminan mutu akademik dan non akademik di UM dibentuk 3 (tiga) penjaminan mutu yaitu (1) Badan Penjaminan Mutu (BPM) untuk tingkat universitas (2) Unit Penjaminan Mutu (UPM) untuk tingkat Fakultas dan (3) Gugus Penjaminan Mutu (GPM) untuk tingkat Jurusan/program studi. Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) merupakan salah satu jurusan yang melaksanakan penjaminan mutu hal itu dibuktikan dengan nilai akreditasi A dari Badan Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berdasarkan informasi tersebut maka dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui implementasi penjaminan mutu dalam mengefektifkan proses pembelajaran di Jurusan AP FIP UM dengan fokus dan tujuan penelitian memaparkan tentang (1) peran dan fungsi penjaminan mutu dalam proses manajerial perguruan tinggi (2) dasar hukum dan perangkat manual (standar operasional prosedur) (3) prosedur pelaksanaan penjaminan mutu dari tingkat universitas sampai dengan jurusan (4) siapa saja pihak-pihak yang terkait (5)prosedur pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan AP (6) masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan AP (7) alternatif pemecahan masalah dalam penjaminan mutu di Jurusan AP (8) hasil pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan AP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus karena kegiatan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif dan terperinci. Dalam penelitian ini peneliti sendiri lah yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah Ketua BPM GPM Ketua Jurusan AP Sekretaris Jurusan AP anggota GPM dan dosen AP. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara tindakan yang dilakukan oleh subjek penelitian dan dokumen yang berkaitan dengan penjaminan mutu. Data yang diperoleh dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Data yang telah dianalisis kemudian dicek keabsahannya dengan menggunakan dua kriteria yaitu (1) triangulasi (2) pengecekan anggota. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa implementasi penjaminan mutu dalam mengefektifkan proses pembelajaran di Jurusan AP FIP UM meliputi (1) peran dan fungsi penjaminan mutu dalam proses manajerial perguruan tinggi yaitu membangun suatu mutu di universitas (2) Dasar Hukum dan Perangkat Manual (Standar Operasional Prosedur) yang digunakan dalam Penjaminan Mutu UM. Dasar dan perangkat manual dalam penjaminan mutu yaitu Kebijakan Nasional Dikti tentang SPMPT UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Renstra Diknas ( tiga pilar utama) Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003-2010 Pokja Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Ditjen Dikti 2003 SK Rektor UM Nomor 0033a/KEP/J36/HK/2006 (3) prosedur Pelaksanaan Penjaminan Mutu mulai dari tingkat universitas sampai dengan jurusan/program studi dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan (4) pihak-Pihak yang terkait dalam penjaminan mutu di UM yaitu semua orang yang berada di dalam lingkungan Universitas Negeri Malang. Seperti rektor pembantu rektor I dekan pembantu dekan dosen tenaga karyawan UM dan mahasiswa (5) prosedur pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan AP yaitu memantau perkuliahan di awal tengah dan akhir (6) masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan penjaminan Mutu di Jurusan AP seperti (a) perbedaan data (b)hilangnya daftar hadir (c) respon lambat dari dosen (d) kesulitan pembagian waktu (7) alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam penjaminan mutu di Jurusan AP seperti (a) konfirmasi (b) membuat laporan (c) pembagian waktu (d) komunikasi dan mengingatkan terus-menerus (8) hasil pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan AP seperti (a) sikap dan dukungan dari dosen maupun jurusan (b) dosen merasa terbantu (c) perubahan kedisiplinan dalam hal kehadiran dan pada proses pembelajaran. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi (1) BPM untuk konsisten dalam menjalankan peran dan fungsinya untuk membangun mutu sehingga visi dan misi tercapai (2) Tim GPM AP untuk meningkatkan kualitas peran dan fungsi sebagai bagian dari jurusan (3) dosen AP untuk memberikan respons positif terhadap pelaksanaan penjaminan mutu (4) mahasiswa untuk selalu berperan aktif dalam memberikan umpan balik terhadap apa yang dilakukan oleh dosen sehubungan dengan proses pembelajaran yang terjadi di kelas (5) peneliti lain untuk mengembangkan peneliti ini dengan metode yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item