Hubungan disiplin siswa dengan prestasi belajar siswa SMK swasta di Kota Madiun / Eka Desri Budyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan disiplin siswa dengan prestasi belajar siswa SMK swasta di Kota Madiun / Eka Desri Budyani

Budyani, Eka Desri (2011) Hubungan disiplin siswa dengan prestasi belajar siswa SMK swasta di Kota Madiun / Eka Desri Budyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci disiplin prestasi belajar SMK Swasta Masa remaja merupakan transisi dari masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa sehingga pada masa inilah terjadi pencarian jati diri seorang remaja dalam hidupnya. Remaja adalah sumber daya paling produktif dalam pembangunan bangsa sehingga mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal untuk hidup mandiri. Wahana untuk memberikan pengetahuan dan mengembangan keterampilan remaja adalah melalui pendidikan yaitu lembaga sekolah salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK bertujuan untuk mencetak lulusan yang produktif dan siap bekerja dengan berbekal keterampilan. Masing-masing SMK memiliki program keahlian serta kualitas yang berbeda. Selain program keahlian yang ada di SMK ada kecenderungan dari calon siswa maupun orangtua siswa yang melihat penerapan disiplin yang baik di sekolah tersebut. Seperti halnya SMK Swasta menerapkan sistem pembobotan skor untuk setiap pelanggaran tata tertib yang ada. Dengan penerapan disiplin yang baik diharapkan siswa mampu mencapai prestasi belajar yang baik. Karena disiplin merupakan salah satu faktor yang mempengarui prestasi belajar siswa di sekolah. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor dari dalam diri siswa (internal) maupun faktor yang datangnya dari luar diri siswa (eksternal). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi tingkat disiplin siswa SMK Swasta di Kota Madiun (2) seberapa tinggi tingkat prestasi siswa SMK Swasta di Kota Madiun (3) adakah hubungan disiplin dengan tingkat prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Madiun . Tujuan penelitian ini meliputi (1) mengetahui tingkat disiplin siswa SMK Swasta di Kota Madiun (2) mengetahui tingkat prestasi siswa SMK Swasta di Kota Madiun (3) mengetahui hubungan disiplin dengan tingkat prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional dan dilaksanakan di SMK Swasta di Kota Madiun. Ada 8 sekolah dengan 297 siswa SMK Swasta di Kota Madiun sebagai sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik cluster proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) tingkat disiplin siswa SMK Swasta di Kota Madiun tergolong tinggi (2) tingkat prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Madiun termasuk dalam katagori tinggi (3) terdapat hubungan yang positif antara disiplin siswa dan prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Madiun. Semakin tinggi tingkat disiplin siswa SMK Swasta di Kota Madiun maka akan semakin meningkat prestasi belajar siswa. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah SMK Swasta di Kota Madiun perlu mempertahankan dan meningkatkan perilaku disiplin siswa di sekolah. Selain itu Kepala Sekolah hendaknya meningkatkan prestasi belajar siswa agar mencapai hasil belajar yang lebih baik (2) Guru SMK Swasta di Kota Madiun seyogyanya mempertahankan disiplin siswa di sekolah selanjutnya diharapkan guru memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa agar siswa lebih aktif dalam kegiatan sekolah guna menunjang tingkat prestasi belajar siswa di sekolah (3) Siswa SMK Swasta di Kota Madiun diharapkan mempertahankan dan meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar yang dimiliki serta lebih kreatif supaya mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif guna mencapai tingkat prestasi belajar yang lebih baik (4) Bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian sejenis diharapkan penelitian ini dikembangkan lagi. Karena penelitian ini dilakukan dengan berbagai keterbatasan-keterbatasan yang ada. Penelitian selanjutnya diharapkan mengembangkan variabel sub variabel dan indikator yang diduga memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item