Pengembangan e-module mata pelajaran kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Malang / Dian Arief Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module mata pelajaran kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Malang / Dian Arief Pradana

Pradana, Dian Arief (2012) Pengembangan e-module mata pelajaran kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MAN 3 Malang / Dian Arief Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan e-module Kewarganegaraan E-module merupakan pengembangan dari modul cetak. Modul ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan modul dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaanya karena dalam penggunaanya siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajar mereka. Berdasarkan observasi awal dilapangan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang belum menggunakan e-module dan hanya menggunakan bahan ajar cetak dalam proses pembelajarannya meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadai terbatasnya waktu yang digunakan dalam penyampaian materi membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan sumber belajar yang berupa modul interaktif yang didesain dalam bentuk CD Interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa e-module untuk pembelajaran Kewarganegaraan di MAN 3 Malang kelas X yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari vaidasi ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa e-module mata pelajaran Kewarganegaraan standar kompetensi Menganalisis Sistem Politik di Indonesia . Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media pada kriteria kelayakan e-module dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 90 8% 2) data ahli materi pada kriteria kelayakan e-module dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 91 6% 3) data siswa perseorangan kelompok kecil dan lapangan hasil yang diperoleh adalah 84 4% 83 6% 82 4% sehingga pada kriteria kelayakan e-module dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) pada data hasil pre-test dan post-test 1 terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 34 dengan peningkatan nilai terendah 5 dan tertinggi 70 (5) pada data hasil pre-test dan post-test 2 terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 35 6 dengan peningkatan nilai terendah 5 dan tertinggi 70. Dengan demikian menurut pencapaian hasil belajar siswa modul interaktif yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah e-module yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran-saran dalam pengembangan ini adalah 1) Guru mata pelajaran hendaknya mulai mengembangkan dan menggunakan e-module dan lebih terampil dalam menggunakan media pembelajaran. 2) Siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini harus mempunyai keterampilan dasar dalam pengoperasian komputer dan beberapa kemampuan dan keterampilan lainnya untuk mendukung penggunaan media ini. 3) Bagi Pengembang selanjutnya e-module ini hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item