Indasari, Roikha (2024) Pengembangan modul ajar menulis puisi dengan metode kurir (kartu revisi isian ringkas) pada siswa kelas viii / ROIKHA INDASARI</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran menulis puisi sering dianggap sulit oleh peserta didik karena beberapa faktor seperti kurangnya minat peseta didik kesulitan mengekspresikan ide melalui kata-kata hingga memiliki kreativitas yang terbatas. Peserta didik tentunya akan mengalami suatu kecenderungan kendala menuangkan idenya. Proses pembelajaran puisi bisa menjadi menyenangkan apabila peserta didik memiliki referensi untuk memperbanyak kosa kata. Penerapan strategi terdapat peserta didik diperlukan evaluasi untuk membantu memperlancar rencana alur ide atau gagasan. Penulisan puisi dengan menggunakan metode KURIR (Kartu Revisi Isian Ringkas) berupa kartu terbimbing menjadi pendekatan inovatif yang menggabungkan elemen kreativitas dan panduan struktural. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan kartu terbimbing sebagai alat bantu dalam merangsang proses kreatif menulis puisi. Menulis puisi memiliki dampak positif terhadap ekspresi diri dan kreativitas penulis. Implikasinya mencakup pentingnya memahami dan mendorong proses kreatif dalam menulis puisi sebagai sarana ekspresi diri yang mendalam. Modul ini diuji coba pada ahli guru dan siswa SMP dalam lingkungan kelas reguler. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan analisis hasil tulisan puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini efektif dalam merangsang kreativitas siswa dan membantu mereka mengatasi hambatan dalam menulis puisi. Adanya modul ajar ini dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Metode KURIR (Kartu Revisi Isian Ringkas) efektif dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam menulis puisi. Modul ajar ini dapat menjadi sumber pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik yang berdampak positif terhadap ekspresi diri dan kreativitas penulis. Dengan memperkenalkan metode KURIR (Kartu Revisi Isian Ringkas) dan memberikan beberapa contoh puisi dari berbagai genre modul ajar ini dapat mendorong siswa untuk bereksperimen menemukan suara unik dari peserta didik dalam menulis puisi. Metode ini menyediakan struktur yang sistematis melalui penggunaan kartu unik yang dirancang untuk membantu peserta didik mengorganisir dan merevisi puisi yang telah dibuat secara ringkas. Penggunaan metode KURIR dapat mengurangi rasa takut dan cemas yang sering dirasakan peserta didik saat menulis puisi dengan memberikan alat berupa kartu terbimbing yang membantu memecah proses kreatif menjadi langkah-langkah yang lebih mudah dikelola. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung di mana setiap peserta didik merasa mampu dan termotivasi untuk mengembangkan keterampilan menulis. Modul ajar puisi dengan metode KURIR ini tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan teknis menulis puisi peserta didik tetapi juga mengembangkan ekspresi diri. Pada modul pembelajaran ini ditekankan pada materi struktur fisik dan struktur batin puisi. Memperhatikan struktur fisik maupun batin dalam menulis puisi dapat menciptakan karya yang lebih kompleks dan mendalam. Struktur fisik membentuk kerangka visual dari puisi sementara struktur batin membentuk kedalaman emosional dan makna yang terkandung di dalamnya. Dengan memperhatikan struktur fisik puisi seperti tata letak penggunaan ruang kosong dan pemilihan bait serta struktur batin puisi seperti makna perasaan dan gagasan yang tersirat penyair dapat menciptakan puisi yang mempunyai kedalaman dan kompleksitas yang menarik. Keduanya saling melengkapi menciptakan sebuah karya sastra yang tidak hanya indah secara estetika tetapi juga mempunyai makna yang dalam dan bermakna. Pengembangan modul ajar menulis puisi dengan metode KURIR memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Pendekatan inovatif ini dapat dimanfaatkan agar siswa dapat mengatasi kesulitan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah puisi yang bermakna dan kreatif. Pengembangan modul ajar menulis puisi dengan metode KURIR bukan hanya merupakan langkah penting dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa tetapi juga merupakan titik awal bagi penemuan dan eksperimen terus-menerus dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di masa depan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/335951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |