Analisis faktor-faktor keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada pengguna handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center) / Herris Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada pengguna handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center) / Herris Firmansyah

Firmansyah, Herris (2011) Analisis faktor-faktor keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada pengguna handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center) / Herris Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Faktor Keputusan Pembelian. Persaingan bisnis dewasa ini semakin ketat. Hal ini terjadi akibat adanya globalisasi dan perdagangan bebas. Perusahaan dituntut untuk memenangkan persaingan dengan cara mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya serta mempertahankan pelanggan yang telah dimiliki agar terus loyal. Guna mendukung hal tersebut perusahaan harus mampu memahami dan mempelajari tentang perilaku konsumen agar dapat memahami bagaimana karakteristik konsumen yang sesungguhnya. Perilaku konsumen dapat memberikan penjelasan tentang apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhan konsumen alasan konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen di dalam proses keputusan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor keputusan pembelian serta faktor yang dominan dalam keputusan konsumen dalam membeli produk handphone Nokia. Penelitian ini termasuk penelitian metode survey (survey method) yaitu riset yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta tentang gejala-gejala atas permasalahan yang timbul. Penelitian ini mempunyai satu variabel yaitu variabel bebas. Variabel bebas terdiri dari sub variabel yaitu faktor budaya (X1) faktor sosial (X2) faktor pribadi (X3) dan faktor psikologis (X4). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center. Sampel yang diambil sebanyak 120 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Dianalisis dengan analisis faktor dengan tujuan untuk menyederhanakan bentuk hubungan antar beberapa variabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diantara faktor budaya (X1) faktor sosial (X2) faktor pribadi (X3) dan faktor psikologis (X4) yang di rotasi faktor telah menjadi beberapa variabel faktor yaitu antara lain (X1) Faktor Situasi Ekonomi 1 (X2) Faktor Keyakinan dan Sikap (X3) Faktor Kelompok Referensi (X4) Faktor Peran dan Status Sosial (X5) Faktor Usia dan Tahap Siklus Hidup dan (X6) Faktor Situasi Ekonomi 2. Faktor situasi ekonomi 1 adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian dalam membeli handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center karena memiliki nilai eigen value terbesar yaitu sebesar 5.965 dengan nilai variance 19.883%. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah tentang faktor ekonomi konsumen dalam membeli handphone Nokia sehingga perusahaan diharapkan mengembangkan produk dengan disesuaikan dengan situasi ekonomi konsumen/selera pasar yang akan dituju serta mengantisipasi seluruh keinginan dan kebutuhan konsumen. Dalam hal lain untuk mendapatkan kepuasan konsumen secara total akan produk yang ada di pasaran perusahaan dapat mempelajari perilaku konsumen secara mendalam untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa dijadikan dasar bagi konsumen untuk melakukan pembelian dengan melakukan survey terhadap pasar handphone yang masuk dalam daftar pesaing berat Nokia. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam rangka menentukan kebijakan yang akan diambil perusahaan pada waktu mendatang. Perusahaan diharapkan melakukan survey terhadap pasar handphone Indonesia dengan cakupan yang lebih luas mengingat handphone Nokia adalah merek global/internasional untuk bisa bertahan menduduki market leader di Indonesia maupun di seluruh dunia. Penelitian ini masih bersifat lokal artinya hasil penelitian dan kesimpulan ini hanya berlaku untuk populasi pengguna handphone Nokia di Malang Plaza Handphone Center dan belum dapat berlaku untuk umum. Sehingga ruang lingkupnya perlu diperluas lagi. Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan mengembangkan studi diharapkan untuk memperdalam kajian tersebut dengan melanjutkan pada analisis lanjutan seperti Analisis Regresi Linier Berganda Diskriminan ataupun Cluster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item