Pengaruh humas terhadap citra perusahaan (Studi pada persepsi konsumen telkomsel di GraPari telkomsel Jember) / Dewi Puspitasari

Puspitasari, Dewi (2010) Pengaruh humas terhadap citra perusahaan (Studi pada persepsi konsumen telkomsel di GraPari telkomsel Jember) / Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Humas, Citra Perusahaan Era kompetisi merupakan tantangan global yang harus di hadapi oleh para pelaku bisnis diberbagai sektor kehidupan, termasuk sektor media komunikasi. Era kompetisi global tidak hanya ditandai dengan adanya pasar bebas. Kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat telah menciptakan saluran informasi baru yang begitu banyak, sehingga publik internasional juga memiliki pilihan saluran komunikasi yang sangat beraneka ragam. Masalah komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia. Melalui komunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, tempat kerja, pasar masyarakat atau dimana pun manusia berada. Begitu pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia, dan harus diakui bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa komunikasi, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan berkomunikasi secara efektif maka, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia bisa berjalan dengan baik. Hal tersebut secara tidak langsung menuntut perusahaan untuk lebih teliti dan kritis dalam memilih strategi pemasaran, Humas bukanlah menjadi satu-satunya bagi perusahaan itu untuk mampu bersaing, terlebih bagi perusahaan yang menjual produk yang sama dan berada pada harga yang sama. Diperlukan upaya khusus dalam mencapai tujuan perusahaan untuk memberikan citra positif kepada masyarakat tidak terkecuali GraPARI Telkomsel Jember juga melaksanakan kegiatan Humas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi unsur Humas (publikasi, peristiwa, berita, pelayanan masyarakat, identitas media) yang dirasakan oleh konsumen produk Telkomsel, dan bagaimana pengaruh Humas secara parsial dan simultan terhadap citra perusahaan berdasarkan persepsi konsumen Telkomsel Jember. Jumlah sampel sebanyak 140 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel bebas public relation yang terdiri dari publikasi (X1), peristiwa (X2), berita (X3), pelayanan masyarakat (X4), identitas media (X5), variabel terikatnya adalah citra perusahaan. Untuk menentukan besar pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari variabel Humas dan citra perusahaan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan signifikansi 0,05. teknik analisis ini digunakan untuk menganalisis pengaruh Humas terhadap citra perusahaan baik secara parsial ataupun simultan. Hasil perhitungan pada pengujian simultan di peroleh bahwa Fhitung (40,969) > dari Ftabel (2,282) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05 artinya variabel Humas (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel citra perusahaan (Y). Sedangkan untuk koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0,590 atau 59%. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel publikasi (X1), memiliki thitung 6,664 > ttabel 1,978, X1 berpengaruh secara parsial. Variabel peristiwa (X2) didapat thitung 1,294 > ttabel 1,978, X2 tidak memiliki pengaruh secara parsial. Variabel berita (X3) didapat thitung 1,999 > ttabel 1,978, X3 berpengaruh secara parsial. Variabel pelayanan masyarakat (X4) didapat thitung 2,916 > ttabel 1,978, X4 berpengaruh secara parsial. Varaibel identitas media (X5) didapat thitung 3,587 > ttabel 1,978, X5 berpengaruh secara parsial. Variabel Humas (X) memiliki pengaruh sebesar 60,45% terhadap citra perusahaan. Selanjutnya hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan yang ditujukan oleh Humas secara simultan terhadap citra perusahaan. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada GraPARI Telkomsel Jember agar melakukan survei berkala untuk mengukur tingkat harapan dan persepsi konsumen mengingat tuntutan konsumen terhadap Humas terus berkembang seiring kemajuan jaman dan menghadapi persaingan antar perusahaan penyedia telekomunikasi. Selanjutnya untuk mencapai citra perusahaan perlu meningkatkan citra positif dengan jalan selalu meningkatkan pendekatan hubungan melalui Humas kepada konsumen. ABSTRAK Puspitasari, Dewi. 2010. Pengaruh Humas Terhadap Citra Perusahaan (Studi pada Persepsi Konsumen Telkomsel di GraPARI TELKOMSEL Jember). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si (II) Titis Shinta Dewi, S.P, M.M Kata Kunci: Humas, Citra Perusahaan Era kompetisi merupakan tantangan global yang harus di hadapi oleh para pelaku bisnis diberbagai sektor kehidupan, termasuk sektor media komunikasi. Era kompetisi global tidak hanya ditandai dengan adanya pasar bebas. Kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat telah menciptakan saluran informasi baru yang begitu banyak, sehingga publik internasional juga memiliki pilihan saluran komunikasi yang sangat beraneka ragam. Masalah komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia. Melalui komunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, tempat kerja, pasar masyarakat atau dimana pun manusia berada. Begitu pentingnya komunikasi dalam kehidupan manusia, dan harus diakui bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa komunikasi, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan berkomunikasi secara efektif maka, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia bisa berjalan dengan baik. Hal tersebut secara tidak langsung menuntut perusahaan untuk lebih teliti dan kritis dalam memilih strategi pemasaran, Humas bukanlah menjadi satu-satunya bagi perusahaan itu untuk mampu bersaing, terlebih bagi perusahaan yang menjual produk yang sama dan berada pada harga yang sama. Diperlukan upaya khusus dalam mencapai tujuan perusahaan untuk memberikan citra positif kepada masyarakat tidak terkecuali GraPARI Telkomsel Jember juga melaksanakan kegiatan Humas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi unsur Humas (publikasi, peristiwa, berita, pelayanan masyarakat, identitas media) yang dirasakan oleh konsumen produk Telkomsel, dan bagaimana pengaruh Humas secara parsial dan simultan terhadap citra perusahaan berdasarkan persepsi konsumen Telkomsel Jember. Jumlah sampel sebanyak 140 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel bebas public relation yang terdiri dari publikasi (X1), peristiwa (X2), berita (X3), pelayanan masyarakat (X4), identitas media (X5), variabel terikatnya adalah citra perusahaan. Untuk menentukan besar pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari variabel Humas dan citra perusahaan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan signifikansi 0,05. teknik analisis ini digunakan untuk menganalisis pengaruh Humas terhadap citra perusahaan baik secara parsial ataupun simultan. Hasil perhitungan pada pengujian simultan di peroleh bahwa Fhitung (40,969) > dari Ftabel (2,282) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05 artinya variabel Humas (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel citra perusahaan (Y). Sedangkan untuk koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0,590 atau 59%. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel publikasi (X1), memiliki thitung 6,664 > ttabel 1,978, X1 berpengaruh secara parsial. Variabel peristiwa (X2) didapat thitung 1,294 > ttabel 1,978, X2 tidak memiliki pengaruh secara parsial. Variabel berita (X3) didapat thitung 1,999 > ttabel 1,978, X3 berpengaruh secara parsial. Variabel pelayanan masyarakat (X4) didapat thitung 2,916 > ttabel 1,978, X4 berpengaruh secara parsial. Varaibel identitas media (X5) didapat thitung 3,587 > ttabel 1,978, X5 berpengaruh secara parsial. Variabel Humas (X) memiliki pengaruh sebesar 60,45% terhadap citra perusahaan. Selanjutnya hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan yang ditujukan oleh Humas secara simultan terhadap citra perusahaan. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada GraPARI Telkomsel Jember agar melakukan survei berkala untuk mengukur tingkat harapan dan persepsi konsumen mengingat tuntutan konsumen terhadap Humas terus berkembang seiring kemajuan jaman dan menghadapi persaingan antar perusahaan penyedia telekomunikasi. Selanjutnya untuk mencapai citra perusahaan perlu meningkatkan citra positif dengan jalan selalu meningkatkan pendekatan hubungan melalui Humas kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33571

Actions (login required)

View Item View Item