Pengembangan media counting favorite food digital untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun / Alfionita&nbsp;Luthfianggarini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media counting favorite food digital untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun / Alfionita&nbsp;Luthfianggarini</p>

Luthfianggarini, Alfionita (2019) Pengembangan media counting favorite food digital untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun / Alfionita&nbsp;Luthfianggarini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya kemampuan matematika permulaan anak disebabkan oleh guru yang kurang mengeluarkan ide untuk pembelajaran matematika dan kurangnya guru menciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan. Untuk itu sangat penting bagi guru untuk memperhatikan cara mengajar yang menyenangkan dan menyajikan pembelajaran matematika permulaan dengan cara yang kreatif agar anak merasa tertarik dan tidak bosan. Salah satu contoh yang dapat dilakukan pada zaman sekarang yaitu memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Berdasarkan permasalahan yang terjadi peneliti mengembangkan media counting favorite food digital. Aplikasi ini berguna untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bernama ldquo counting favorite food rdquo yang layak digunakan anak usia 4-5 tahun berdasarkan kriteria efektif efisien dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Uji validasi dilakukan oleh ahli pembelajaran paud ahli media dan ahli pengguna (guru TK) kemudian dilakukan uji cobakan kepada 30 anak di 3 TK Kota Malang. Hasil pengembangan counting favorite food digital dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran matematika permulaan anak usia 4-5 tahun karena mencapai kriteria efektif efisien dan menarik dengan perolehan persentase sebesar 88% dari ahli pembelajaran paud 86% dari ahli media 95% dari ahli pengguna 93% uji coba kelompok kecil 94% uji kelompok besar. Dan disimpulkan pengembangan media counting favorite food digital dapat menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/335395

Actions (login required)

View Item View Item