Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan simpedes (studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang) / Vicky Sekti Prayudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan simpedes (studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang) / Vicky Sekti Prayudi

Prayudi, Vicky Sekti (2010) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan simpedes (studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang) / Vicky Sekti Prayudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kualitas Layanan Loyalitas Nasabah Dunia perbankan Indonesia saat ini diwarnai persaingan yang semakin ketat. Perjuangan untuk menciptakan bisnis bersaing yang berulang dengan nasabah yang sudah ada di tangan menempati titik sentral dalam upaya bank untuk tetap unggul dalam persaingan jangka panjang. Yang pada umumnya seorang nasabah mengharapkan jasa yang diterimanya dapat dinikmati dengan pelayanan yang baik dan memuaskan oleh karena itu sebuah bank harus memperhatikan kualitas layanan jasa perbankan yang diberikan. Sebuah bank yang berorientasi pada keinginan permintaan dan kebutuhan nasabah memiliki potensi besar untuk berhasil karena pada prinsipnya nasabah yang loyal mereka akan terus-menerus melakukan transaksi dan tidak beralih ke bank lain. Dan kualitas layanan itu sendiri terdiri dari bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati itu semua menjadikan nasabah tetap loyal pada bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan kualitas layanan dan loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang pengaruh kualitas layanan loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang baik secara simultan maupun parsial penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yaitu pengaruh kualitas layanan loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang. Populasi yang diambil adalah nasabah tabungan Simpedes. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsionate random sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 30 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skor 1 - 5. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) kualitas layanan yang meliputi bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati menjadi kan nasabah tabungan Simpedes tetap loyal pada PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang. (2) Terdapat pengaruh signifikan positif kualitas layanan yang meliputi bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati secara simultan terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 73 6% dan ini menunjukkan loyalitas nasabah yang tinggi. (3) Sedangkan secara parsial masing-masing komponen variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas nasabah sebesar 28 7% untuk bukti langsung 44 4% kehandalan 29% daya tanggap 92% jaminan 37 6% empati. Saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Diharapkan PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang untuk memperhatikan faktor bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati para nasabah untuk tetap loyal pada PT BRI Tbk Unut Pakisaji Cabang Martadinata Malang. Hal tersebut dikarenakan faktor bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang. Langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah fasilitas ATM di PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. (2) Jaminan merupakan faktor yang paling dominan terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes untuk itu unsur dalam jaminan yang meliputi reputasi bank perasaan nasabah tabungan Simpedes waktu menabung di bank dan sikap pegawai bank dalam memberikan rasa aman pada nasabah tabungan Simpedes diperhatikan oleh bank apabila ingin meningkatkan dan mempertahankan loyalitas nasabah Simpedes. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel bebas diluar variabel bukti langsung kehandalan daya tanggap jaminan dan empati seperti keragaman produk daya tahan atau ketahanan dan lainnya yang berhubungan dengan loyalitas nasabah tabungan Simpedes PT. BRI Tbk Unit Pakisaji Cabang Martadinata Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item View Item