Syamsuddin, Didik (2010) Implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang / Didik Syamsuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci implementasi manajemen mutu terpadu. Pelaksanaan pendidikan bukanlah upaya sederhana melainkan suatu kegiatan dinamis dan penuh tantangan. Pendidikan selalu berubah seiring dengan perubahan jaman oleh karena itu pendidikan senantiasa memerlukan upaya perbaikan dan peningkatan mutu sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan dan tuntunan kehidupan masyarakat. Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling penting keberadaannya karena merupakan satuan pendidikan yang memberikan dasar-dasar untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya maka perlu disadari pentingnya sekolah dasar yang bermutu. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimanakah strategi implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (2) apa saja indikator keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (3) apa saja faktor pendukung keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (4) apa saja faktor yang menghambat upaya implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (5) apa saja alternatif pemecahan masalah implementasi manajemen mutu terpadu yang sudah dilakukan di SD Islam Surya Buana Malang . Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan strategi implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (2) mendeskripsikan indikator keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (3) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (4) mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat upaya implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang (5) mendeskripsikan alternatif pemecahan masalah implementasi manajemen mutu terpadu yang sudah dilakukan di SD Islam Surya Buana Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian maka skripsi ini menggunakan beberapa teknik yakni observasi wawancara dan studi dokumentasi. Dilanjutkan dengan menganalisis data pengecekan analisis data dan menyimpulkan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan (1) strategi implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang adalah perumusan visi misi dan tujuan sekolah yang jelas. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. strategi pembelajaran inovatif. Dan menerapkan konsep pembinaan pribadi Plus (2) indikator keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang adalah semakin banyaknya siswa yang meraih prestasi di sekolah dan luar sekolah baik dari segi akademik dan non akademik. Selain Kepala Sekolah juga banyak guru yang berprestasi baik tingkat Kota maupun Nasional. Pembangunan layanan umum semakin bertambah. Dan adanya beberapa guru yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (3) faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang adalah Kepala Sekolah sebagai tokoh kunci berhasil memotifasi para pendidik dan tenaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas mereka sebagai wujud dari ibadah . Sikap kebersamaan dan keterbukaan. Guru-guru yang rata-rata masih berusia muda. Partisipasi orang tua semakin meningkat. Dan adanya tambahan dana dari sponsor untuk majalah yang diterbitkan Perguruan Surya Buana (4) faktor-faktor yang menghambat upaya implementasi manajemen mutu terpadu di SD Islam Surya Buana Malang adalah dana dan Satpam sekolah (5) alternatif pemecahan masalah implementasi manajemen mutu terpadu yang sudah dilakukan di SD Islam Surya Buana Malang adalah menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Memakai prinsip musyawarah dalam setiap ada masalah. Dan Kepala sekolah memberi contoh yang baik kepada para pegawainya dalam hal ini Kepala Sekolah memberikan contoh kesederhanaan keikhlasan dan prinsip kerja ibadah kepada para bawahannya. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi (1) SDI Surya Buana Malang agar melakukan penambahan dan penyempurnaan fasilitas sekolah secara terus-menerus sesegera mungkin mengingat minimnya fasilitas yang dimiliki sekolah untuk memaksimalkan kinerja pelaksanaan manajemen mutu terpadu (2) jurusan Administrasi Pendidikan untuk menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa sebagai referensi tambahan mereka dalam memahami manajemen mutu terpadu dan (3) bagi peneliti yang lain untuk mengembangkan penelitian ini dengan metode yang lain sehingga dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah tentang implementasi manajemen mutu terpadu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |