Komparasi kinerja keuangan antara bank konvensional dan bank syariah periode 2005-2009 / Nindy Arissa - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi kinerja keuangan antara bank konvensional dan bank syariah periode 2005-2009 / Nindy Arissa

Arissa, Nindy (2010) Komparasi kinerja keuangan antara bank konvensional dan bank syariah periode 2005-2009 / Nindy Arissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja Keuangan Bank CAMEL Bank Konvensional dan Syariah Perbankan merupakan lembaga yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kinerja keuangan bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode waktu tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal likuiditas dan profitabilitas bank. Dalam penelitian ini menggunakan metode CAMEL karena metode ini dapat mengukur dan membandingkan kinerja bank-bank secara lebih tepat objektif dan konsisten. Rasio-rasio CAMEL yang digunakan adalah CAR KAP NPM ROA ROE LR dan LDR. Subyek dalam penelitian ini adalah bank konvensional dan bank syariah. Bank konvensional merupakan bank yang memakai sistem bunga sedangkan bank syariah merupakan syariat islam yang memakai sistem bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja keuangan bank konvensional metode CAMEL(2) kinerja keuangan bank syariah metode CAMEL (3) perbedaan kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah metode CAMEL. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan bank konvensional dan bank syariah periode 2005-2009. Populasi yang digunakan adalah semua bank konvensional dan bank syariah di Indonesia yang terdaftar dalam Bank Indonesia selama periode 2005-2009. Sehingga terdaftar 12 bank namun setelah digunakan teknik purposive sampling didapatkan sampel 6 bank yang terdiri bank konvensional 3 bank dan bank syariah 3 bank.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik dengan metode One-Sampel Kolmogorov-Smirnov Test pada program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan antara bank syariah dan bank konvensional ditinjau dariCapital (CAR) (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan antara bank syariah dan bank konvensional ditinjau dari Asset (KAP) Management (NPM) Earning Ability (ROA ROE) Liquidity (LR LDR). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam penelitian lebih lanjut untuk menambah sampel terutama sampel bank syariah yang dibutuhkan pada peneliti selanjutnya agar mendapat sampel yang dapat mewakili kondisi perbankan yang diteliti. Bagi pihak perbankan nasabah serta investor penelitian ini dapat dijadikan informasi hasil kinerja bank konvensional dan bank syariah ditinjau dari rasio CAMEL sehingga perbankan nasabah serta investor dapat mengambil keputusan yang tepat untuk investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item