Gunawati, Efi (2010) Akuntabilitas pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di SD negeri se-kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Efi Gunawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Akuntabilitas Sekolah Dasar Negeri Dana BOS Pembangunan Ilmu pengetahuan dan teknologi diarahkan agar pemanfaatan pengembangan serta penguasaannya dapat mempercepat peningkatan kecerdasan dan kemampuan bangsa. Dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 Ayat (1) menyatakan bahwa Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan Pasal 11 Ayat (1) menyatakan Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Ini tidak menjamin bahwa setiap warga mendapat pendidikan maka dicetuskanlah program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu. Untuk mencapai tujuan program BOS tersebut maka diperlukan Akuntablitas yang tinggi yaitu harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dengan sepenuhnya oleh semua pihak yang terlibat dalam program tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS Se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pengelolaan dana BOS berdasar persepsi pengguna di SD Negeri Se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang sudah memenuhi standar akuntabilitas laporan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) (2) Apa kesimpulan opini audtor yang diberikan atas hasil akuntabilitas pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di SD Negeri se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang (3) Kendala-kendala apa saja yang muncul dalam proses pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di SD Negeri se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengevaluasi pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna (2) Memberikan opini auditor atas hasil akuntabilitas pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna (3) Untuk mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif untuk menggambarkan gejala dan fakta mengenai akuntabilitas pengelolaan dana BOS. Populasi penelitian adalah para Kepala sekolah dan bendahara sekolah di SDN Se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dengan responden berasal dari 45 sekolah negeri. Sampel penelitian mengambil 45 sekolah dengan jumlah responden 90 orang karena sampel yang diambil adalah para Kepala Sekolah dan Bendahara sebagai penanggungjawab pengelolaan dana BOS. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling yaitu sampel diambil berdasarkan ciri tertentu yang dianggap memiliki keterkaitan dengan sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Instrumen pengumpulan data adalah dengan teknik angket atau kuesioner tertutup yaitu angket yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih alternatif jawaban dan dianggap sesuai dengan memberikan tanda silang (X) pada kolom yang sudah disediakan. Penganalisisan data menggunakan analisis kuantitatif dan menggunakan tabulasi frekuensi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Untuk pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di seluruh Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang sudah memenuhi standar Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) karena dalam pengelolaannya berdasarkan pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dan dalam penyalurannya sudah tepat sasaran (2) Opini atas hasil akuntabilitas dapat disimpulkan dalam pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna di SDN Se-Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang sudah memenuhi standar akuntansi auditor karena dalam pengelolaan dana BOS dapat dikatakan hasil auditnya sudah mencakup Wajar Tanpa Pengecualian dan dalam standar auditing juga sudah mencakup tentang st ndar umum st ndar pekerja lapangan dan st ndar pelaporan (3) Untuk kendala-kendala dalam proses pengelolaan dana BOS berdasarkan persepsi pengguna dapat disimpulkan bahwa masih ada beberapa kendala kepala sekolah dan bendahara tentang informasi Tim Manajemen Kab/Kota belum dipahami oleh sekolah masih terdapat masalah dalam pengalokasian Tim Manajemen tiap sekolah Kab/Kota dengan adanya kendala ini kepala sekolah dan bendahara harus lebih memahami tentang informasi Tim Manajemen guna untuk kelancaran pengelolaan dana BOS. Berdasarkan kesimpulan saran ditujukan kepada (1) Kepala Sekolah dan Bendahara sekolah yaitu kepala sekolah dan bendahara hendaknya dapat mensiasati masalah/kendala dalam pengelolaan dana BOS (2) Dinas Pendidikan Kota Malang yaitu hendaknya dapat mengkritisi celah-celah penyimpangan pengelolaan dana BOS (3) Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu hendaknya mengembangkan suatu metode investigasi secara mudah guna menemukan celah-celah penyimpangan dana BOS sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma-norma audit menajemen (4) Peneliti lain yaitu hendaknya bisa mengetahui informasi manajemen keuangan yang didasarkan pada LAKIP dan st ndar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |