Peranan kepala sekolah dan wali murid dalam peningkatan prestasi siswa (Studi kasus di SD Muhammadiyah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto) / Nashruddin Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan kepala sekolah dan wali murid dalam peningkatan prestasi siswa (Studi kasus di SD Muhammadiyah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto) / Nashruddin Anwar

Anwar, Nashruddin (2010) Peranan kepala sekolah dan wali murid dalam peningkatan prestasi siswa (Studi kasus di SD Muhammadiyah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto) / Nashruddin Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peran kepala sekolah orang tua prestasi siswa Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan pengajaran. Ada tiga lembaga pendidikan yaitu keluarga sekolah dan masyarakat. Dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa di sekolah baik akademik maupun non akademik diperlukan peran dari berbagai pihak diantaranya peran dari kepala sekolah sebagai penggerak roda kepemimpinan di sekolah dan orang tua sebagai figur yang diperlukan oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan prestasi siswa faktor pendukung dan penghambat serta upaya untuk mengatasi faktor penghambat dan memanfaatkan faktor pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Berdasarkan teknik snowball sampling diperoleh delapan informan penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik (1) wawancara (2) observasi nonpartisipan dan (3) dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan prosedur pengkodean reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kepala sekolah berperan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang edukator manajer administrator motivator dan supervisor (2) orang tua memiliki peran yang penting dan efektif dalam menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan sarana belajar yang diperlukan oleh siswa (3) faktor pendukung antara lain letak sekolah yang strategis keunggulan sekolah di bidang agama guru yang berdedikasi tinggi peserta didik dan orang tua yang mendukung kegiatan siswa sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya sarana dan prasarana di sekolah jumlah guru dan siswa tidak proporsional jenjang pendidikan guru yang masih minimal dan input siswa yang belum sesuai (4) upaya memanfaatkan faktor pendukung dengan tetap menjaga komunikasi yang baik diantara pihak guru siswa dan orang tua upaya mengatasi faktor penghambat dengan mengajukan bantuan dana pada pemerintah untuk pembangunan menjaring guru baru yang berkualitas dan mengadakan seleksi bagi murid baru. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk pihak sekolah hendaknya terus berusaha untuk mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh dan meningkatkannya. Selain itu upaya upaya untuk mengatasi faktor penghambat hendaknya dilakukan dengan lebih konkret (1) Memperbaiki sarana dan prasaran sekolah (2) Menambah jumlah guru yang sesuai bidangnya (3) Lebih selektif dalam penerimaan siswa baru. Bagi orang tua (1) Tetap melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya di rumah (3) menyediakan tempat dan sarana belajar yang kondusif dan yang paling penting menjadi sosok figur panutan yang baik dalam masa pertumbuhan anak. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan peranan kepala sekolah dan orang tua serta guru dalam upaya peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item