Hubungan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Malang / Titis Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Malang / Titis Saputri

Saputri, Titis (2010) Hubungan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Malang / Titis Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen pembelajaran full day school motivasi belajar siswa Manajemen pembelajaran sistem full day school adalah sistem belajar yang berorientasi pada mutu pendidikan yang berlangsung sehari penuh dengan penggunaan format game dalam pembelajarannya. Pada dasarnya pembelajaran sistem full day school sama dengan sistem pembelajaran biasa namun dalam pembelajaran sistem full day school terdapat penambahan jam pelajaran serta penggunaan format pembelajaran yang lebih menyenangkan misalnya guru menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi game pembelajaran juga setting pembelajaran yang tidak hanya ada di dalam kelas tetapi juga di luar kelas kelas. Motivasi belajar siswa merupakan dampak yang terjadi dari pelaksanaan manajemen pembelajaran sistem full day school dapat dikatakan hubungan manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa sangat erat hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa tidak hanya berkaitan dengan psikologis tetapi juga berkaitan dengan manajemen pembelajaran. Dengan demikian guru sebagai pendidik harus kreatif dan mampu mengimplementasikan manajemen pembelajarannya dengan baik. Dengan adanya suatu manajemen pembelajaran yang baik guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa baik dari dalam maupun luar diri siswa. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen pembelajaran sistem full day school di SMA Negeri Kota Malang (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa pada sistem pembelajaran Full Day School di SMA Negeri Kota Malang (3) Apakah ada hubungan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Malang Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui manajemen pembelajaran sistem pembelajaran full day school di SMA Negeri Kota Malang (2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran sistem full day school di SMA Negeri Kota Malang (3) untuk mengetahui hubungan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian yang mengungkapkan hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah sejumlah 142 orang guru dan 1039 orang siswa dengan sampel penelitian 100 orang guru dan 275 orang siswa ditetapkan dengan teknik stratified proportional random sampling di SMA Negeri Kota Malang. Data dikumpulkan dengan angket selanjutnya dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Manajemen pembelajaran sistem full day school di SMA Negeri Kota Malang tergolong baik dengan persentase 56%. (2) Motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Malang tergolong tinggi ii dengan persentase 95%. (3) Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan teknik Pearson Product Moment diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan antara manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Malang yakni rhitung 0 506 rtabel 0 195. Dengan semakin baik guru mengimplementasikan manajemen pembelajaran sistem full day school maka motivasi belajar siswa semakin tinggi. Dari hasil penelitian ini penulis mengajukan saran yaitu (1) bagi guru sebaiknya pada kegiatan pembelajaran guru lebih kreatif dalam membuat suatu manajemen pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bervariasi memaksimalkan penggunaan metode strategi media pembelajaran pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi di luar kelas serta lebih memberikan motivasi pada siswa (2) bagi Siswa-siswi full day school sebaiknya siswa mempertahankan motivasi belajarnya sehingga tujuan belajar yang diinginkan akan tercapai secara maksimal (3) bagi peneliti yang akan datang hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan apabila peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut mengenai manajemen pembelajaran sistem full day school dan motivasi belajar siswa dengan variabel populasi dan instrumen yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item