Penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung / Kandung Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung / Kandung Widodo

Widodo, Kandung (2010) Penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar negeri se-kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung / Kandung Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan salah komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap para pemimpin. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan juga harus menerapkan kepemimpinan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kepemimpian tersebut sangatlah penting guna peningkatan kualitas/mutu sekolah yang pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang diinginkan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Kepemimpinan kepala sekolah yang harus dimiliki dan dijalankan dalam melaksanakan tugasnya antara lain Kepemimpinan Transformasional. Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepemimpinan yang diterapkan kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 31 orang kepala sekolah 31 orang guru 31 staf sekolah dan 31 murid. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 124 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan 4 (empat) opsi jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dan untuk mempermudah pengolahan data maka dibantu komputer yaitu dengan menggunakan Software SPSS 15.00 for Windows. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara umum penerapan kepemimpinan transformasional oleh kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi atau baik (2) Penerapan kepemimpinan transformasional komponen idealized influence oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi atau baik (3) Penerapan kepemimpinan transformasional komponen inspirational motivation oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi atau baik (4) Penerapan kepemimpinan transformasional komponen intellectual stimulation oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi atau baik (5) Penerapan kepemimpinan transformasional komponen individualized consideration oleh kepala sekolah dasar negeri di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi atau baik. Disarankan bagi para kepala sekolah dasar negeri Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung agar lebih mampu meningkatkan dan mempertahankan peran kepemimpinan dengan baik guna peningkatan kualitas kinerjanya yang telah dimiliki. Peningkatan kualitas kinerja tersebut secara langsung dapat meningkatkan kualitas kegiatan operasional sekolah yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan siswa. Selanjutnya untuk UPTD Kecamatan Gondang sebagai lembaga yang berwenang dalam melakukan pembinaan maupun pengawasan terhadap kualitas pendidikan di daerahnya hendaknya dapat memberikan suatu pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah yang belum terpenuhi atau masih kurang terpenuhi. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan karena kepemimpinan merupakan prasyarat standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bagi para peneliti lain yang berkeinginan untuk melakukan penelitian yang serupa hendaknya melakukan penelitian yang lebih mendalam baik melalui pendekatan kualitatif maupun kuantitatif serta dengan menambah atau memperluas variabel-variabel maupun sub-variabelnya. Selain itu penelitian ini juga dapat dikembangkan dari segi objek penelitian bukan hanya kepala sekolah tetapi juga dapat dari guru Komite Sekolah maupun warga sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item