Ainun, Nikmah (2010) Manajemen pemasaran sekolah alam bilingual (Studi kasus di SDI Surya Buana Malang) / Ainun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen pemasaran sekolah alam bilingual Lembaga pendidikan keberadaanya sangat dibutuhkan masyarakat akan tetapi sebaliknya masyarakat juga dibutuhkan oleh lembaga pendidikan. Agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan secara maksimal maka keterlibatan semua pihak baik pemerintah keluarga swasta dan masyarakat umumnya sangat dibutuhkan oleh sekolah. Untuk meningkatkan hubungan yang baik antara masyarakat dan lembaga sekolah maka dibutuhkan komunikasi yang baik. Oleh karena itu disini peran serta Hubungan Masyarakat (Humas) sangat dibutuhkan. Setiap organisasi dari kegiatan awal sampai akhir akan melalui berbagai bentuk dan tahap kegiatan yang harus menyatu dan terpadu dalam rangka mencapai mutu terbaik. Perekat dari semua tahap kegiatan dan usaha itulah yang disebut dengan humas. Sedangkan untuk manajemen pemasaran itu sendiri adalah merupakan kegiatan penganalisaan perencanaan pelaksanaan dan pengendalian program- program yang dibuat untuk membentuk membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) jangka panjang (Assauri 2002 12). Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimana manajemen pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang sedangkan fokus secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut (a) proses perencanaan pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang (b) teknik pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang (c) teknik pengawasan pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang (d) media yang paling efektif dalam pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang (e) faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan manajemen pemasaran di Sekolah Alam Bilingual SDI Surya Buana Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus karena ada satu kasus pada satu objek penelitian yaitu SDI Surya Buana Malang. Lokasi penelitian terletak di Jalan Simpang Gajayana IV/631 Malang. Peneliti berperan sebagai instrument kunci dengan subjek peneliti Kepala Sekolah dan guru SDI Surya Buana Malang. Sumber data yang digunakan berupa kata-kata yang diperoleh melalui wawancara dan berupa tindakan yang diperoleh melalui kegiatan observasi dan pengamatan yaitu dengan keterlibatan peneliti mengamati secara langsung serta dokumen yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. Data yang diperoleh dianalisis selama dan setelah pengumpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tiga kriteria yaitu kepercayaan penelitian validitas reliabilitas dan objektivitas (Wiyono 2007 21). ii Hasil penelitian ini adalah manajemen pemasaran yang terdiri dari perencanaan teknik pelaksanaan teknik pengawasan media yang paling efektif serta faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pemasaran. Perencanaan disini meliputi kegiatan yang harus dikerjakan adalah kegiatan memasarkan sekolah kepada masyarakat luas kedua adalah dimana kegiatan itu akan dilakukan salah satu kegiatannya saat sekolah mengundang masyarakat sekitar untuk datang ke sekolah dalam rangka sholat Idul Adha ketiga adalah kapan waktunya adalah pada bulan April sampai dengan bulan juni keempat adalah bagaimana cara memasarkan sekolah dengan menggunakan berbagai teknik serta alat-alat pemasaran kelima adalah siapa saja orang-orang didalamya yaitu kepala sekolah dibantu oleh para pendidik beserta staf. Dan terakhir adalah mengapa pemasaran tersebut perlu dilakukan adalah dalam upaya agar sekolah mendapatkan siswa lebih banyak untuk bersekolah di SDI Surya Buana Malang ini. Pelaksanaanya dilakukan dengan menggunakan teknik serta alat dan media pemasaran mulai dari seperti penggunaan brosur spanduk getok tular atau dari orang ke orang televisi radio majalah kalender sekolah buku profil album kenangan dan alat transportasi. Dana yang digunakan berasal dari yayasan serta sebagian berasal dari pemerintah. Teknik pengawasan dilakukan dengan dua teknik yaitu pengawasan secara langsung dan pengawasan tidak langsung. Pemilihan media yang paling efektif dalam menarik peserta didik yang berada di dekat sekolah adalah teknik getok tular atau dari mulut ke mulut hal ini diketahui dari wawancara dengan berbagai narasumber. Sedangkan untuk yang berada jauh dari sekolah yang paling efektif adalah menggunakan media brosur. Faktor pendukung dan penghambat faktor pendukungnya meliputi (1) dukungan dari masyarakat luas tokoh masyarakat (2) dukungan dari siswa di Surya Buana Malang mulai dari TK SDI MTs serta SMA (3) dukungan dari Yayasan Bahana Cipta Persada (4) dukungan dari Kepala Sekolah para pendidik juga seluruh staf. Faktor penghambatnya meliputi (1) banyak masyarakat di dekat sekolah akan tetapi mereka tidak menyekolahkan anaknya di sini (2) persaingan dengan sekolah swasta (3) letak sekolah yang terletak di dalam kampung sehingga belum banyak orang yang tahu bahwa ada sekolah Surya Buana. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala Sekolah SDI Surya Buana agar tetap mempertahankan serta meningkatkan manajemen pemasaran lebih giat dalam memasarkan sekolahnya dengan menggunakan berbagai macam teknik dan media pemasaran yang ada. (2) Bagi Guru SDI Surya Buana Malang harus lebih giat dalam mendidik para peserta didik agar mereka dapat lebih berprestasi baik dalam segi bidang akademik maupun non akademik. (3) Bagi Orangtua Siswa hendaknya lebih selektif dalam memilih sekolah untuk anaknya agar tidak salah pilih dalam menyekolahkan anaknya serta merasa puas terhadap prestasi yang telah dicapai dengan menyekolahkan anaknya pada sekolah yang berkualitas. (4) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada para mahasiswa tentang manajemen pemasaran di lembaga pendidikan. (5) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan meneliti lebih baik dan lebih mendalam lagi mengenai manajemen pemasaran akan tetapi pada latar penelitian yang berbeda tentunya pada sekolah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |