Implementasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 2 Blitar / Aprilia Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 2 Blitar / Aprilia Susanti

Susanti, Aprilia (2010) Implementasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 2 Blitar / Aprilia Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi kebijakan PSG kualitas pendidikan Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Indonesia untuk menghadapi era globalisasi dan dapat bersaing dengan negara lain. Kualitas sumber daya manusia ini dalam pelaksanaanya diutamakan untuk peningkatan kualitas lulusan pendidikan. Untuk mewujudkan hal terebut pemerintah menciptakan suatu kebijakan terhadap pelaksanaan pendidikan di sekolah kejuruan kebijakan tersebut adalah implementasi program pendidikan sistem ganda. Pendidikan sistem ganda adalah suatu penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara sistematik antara pendidikan di sekolah dengan program yang ada di dunia industri melalui praktik secara langsung dan sesuai dengan bidang keahlian tertentu juga untuk mencapai suatu tingkat keahlian tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif oleh peneliti sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Studi kasus yang digunakan adalah studi kasus observasional. Teknik pengambilan data yang digunakan ada tiga metode yaitu observasi nihil wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman meliputi reduksi data sajian data penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi meliputi triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) implementasi kebijakan PSG dilaksanakan dengan acuan UU yang berlaku. Kegiatan yang ada dalam proses perencanaan adalah penyusunan program kerja penyusunan proposal kegiatan pembagaian tugas pokja PSG untuk prakerin penjelasan prakerin kepada siswa pembagian kelompok calon peserta prakerin pencarian DU/DI untuk prakerin kemudian persiapan surat buku panduan prakerin dan administrasi untuk prakerin. Seluruh kegiatan penyelenggaraan PSG diatur oleh Tim pokja sekolah. Kegiatan pelaksanaan diantaranya adalah pembekalan dan pendalaman terhadap siswa yang mengikuti prakerin upacara pemberangkatan siswa ke industri mengantarkan siswa ke pihak industri siswa melaksanakan kegiatan prakerin di industri dengan dimonitoring oleh guru pembimbing dan iv penjemputan siswa yang selesai melaksanakan kegiatan prakerin di industri. Kegiatan penilaian dalam hal ini ada 2 yaitu penilaian program dan penilaian terhadap kinerja siswa di industri. Penilaian program dilakukan oleh ketua pokja dibantu dengan kepala sekolah sedangkan penilaian kinerja siswa dilakukan oleh industri dengan format penilaian dari sekolah. (2) Pelaksanaan PSG di SMK Negeri 2 Blitar dilakukan selama 6 bulan secara full di dunia kerja atau industri dilaksanakan dengan 2 periode dengan waktu dan tempat yang berbeda. (3) Terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan PSG di sekolah. (4) Terdapat indikator-indikator implementasi kebijakan PSG yang dapat meningkatkan kualitas siswa seperti halnya kedisiplinan dan ketrampilan siswa dan juga kesesuaian pihak yang diajak kerjasama. (5) Penyelenggaraan kebijakan PSG di sekolah memberikan dampak bagi ketrampilan siswa sehingga dapat meningkatkan kemandirian siswa kualitas sumber daya manusia produktivitas kerja dan juga menghasilkan kompetensi terhadap siswa. Berdasarkan kesimpulan dapat disarankan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu (1) bagi kepala sekolah untuk memberikan arahan bimbingan dan juga optimalisasi kegiatan agar dapat berjalan lancar dan barmanfaat (2) bagi ketua jurusan administrasi pendidikan untuk lebih mengembangkan mata kuliah yang berhubungan dengan penelitian ini dengan pengetahuan yang lebih mengacu pada perkembangan yang ada (3) bagi guru sekolah untuk menjadi seorang pembimbing yang melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan ketentuan yang ada sehingga dapat memperlancar program (4) bagi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Blitar untuk membantu mempermudah sekolah dalam menciptakan kerjasama dengan pihak DUDI yang berkembang dan berkualitas (5) bagi peneliti lain untuk lebih memperkuat hasil penelitian dengan menggunakan variabel dan pendekatan yang berbeda agar memperoleh hasil penelitian yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item