Priandari, Findha (2010) Studi kasus keefektifan sosialisasi program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar di Kecamatan Klojen Kota Malang / Findha Priandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci sosialisasi penuntasan wajib belajar pendidikan dasar. Kemajuan suatu negara ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia. Padahal berkualitas atau tidaknya sumberdaya manusia (SDM) di suatu negara tergantung bagaimana penanganan pendidikan di negara tersebut. Oleh karenanya pendidikan merupakan kunci keberhasilan pembangunan di Indonesia. Dalam upaya membangun SDM yang berkualitas pemerintah Indonesia melalui Inpres Nomor 5 Tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Pemantapan Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara mewajibkan semua warga negara usia pendidikan dasar (7 15 tahun) tanpa memandang status sosial etnis dan jenis kelamin untuk menempuh minimal pendidikan dasar sembilan tahun. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan profil Kecamatan Klojen (2) mendeskripsikan sosialisasi program penuntasan WAJAR DIKDAS pada kelompok sosial ekonomi tinggi sedang dan rendah di Kecamatan Klojen (3) mendeskripsikan media/cara yang digunakan dalam sosialisasi program penuntasan WAJAR DIKDAS di Kecamatan Klojen (4) mendeskripsikan faktor pendukung dalam program penuntasan WAJAR DIKDAS di Kecamatan Klojen (5) mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam program penuntasan WAJAR DIKDAS di Kecamatan Klojen (6) mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala dalam program penuntasan WAJAR DIKDAS di Kecamatan Klojen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menafsirkan dan menjelaskan suatu fenomena/peristiwa sosial di masyarakat secara ilmiah sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti sendirilah yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah kepala UPT Pendidikan Dasar kepala sekolah guru dan wali murid yang berada di wilayah kecamatan Klojen Kota Malang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan wajib belajar pendidikan dasar. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi dan kecukupan referensial. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecamatan Klojen membawahi 11 Kelurahan yaitu Kasin Sukoharjo KidulDalem Kauman Bareng Gading Kasri Oro-Oro Dowo Klojen Rampal Celaket Samaan dan Penanggungan. Kecamatan Klojen secara geografis terletak pada 112036 14 112040 42 BT dan 077036 38 008001 37 LS sedangkan secara administratif Kecamatan Klojen sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Lowokwaru sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Blimbing sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Sukun sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Sukun (2) Sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang sangat merespon baik dengan adanya sosialisasi program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar selain itu Kecamatan Klojen juga dapat menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kota Malang dalam penyelenggaraan wajib belajar. Kesuksesan Kecamatan Klojen dalam penyelenggaraan sosialisasi wajib belajar ini ditandai dengan kecamatan yang memiliki persentase angka mengulang dan putus sekolah yang paling kecil untuk tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Sasaran dari sosialisasi program wajib belajar pendidikan dasar di wilayah Kecamatan Klojen ini yaitu seluruh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama terutama siswa kelas VI dan siswa yang baru memasuki jenjang SMP yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Adapun tujuan yang didapat dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah agar kualitas lulusan dapat meningkat sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya (3) Media/cara yang digunakan dalam sosialisasi program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar di Kecamatan Klojen ini adalah menyampaikan langsung informasi yang berhubungan dengan wajib belajar langsung kepada murid setiap 2-3 bulan sekali terutama siswa kelas VI dan siswa SMP. Narasumber dalam sosialisasi ini langsung dari kepala sekolah atau wali kelas (4) Faktor pendukung kesuksesan program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar dapat berupa dukungan dari pemerintah dan sekolah (5) faktor penghambat program penuntasan wajib belajar pendidikan dasar yaitu masih terbatas dan belum meratanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang berasal dari keluarga kurang mampu dan kurangnya pemahaman sebagian masyarakat tentang pentingnya menempuh pendidikan (6) solusi yang diambil untuk mengatasi faktor penghambat antara lain mengupayakan subsidi silang bantuan dari pihak swasta memberikan pemahaman kepada orangtua/masyarakat tentang pentingnya menempuh pendidikan untuk jangka panjang. Berdasarkan kesimpulan atau hasil temuan penelitian berikut ini dikemukakan saran bagi pihak terkait yaitu (1) kepala sekolah/guru di wilayah kecamatan Klojen Kota Malang dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk secara aktif memberikan sosialisasi kepada siswa terutama siswa kelas VI yang berkaitan dengan pelaksanaan program wajib belajar pendidikan dasar (2) orangtua murid dapat memberikan pemahaman kepada orangtua murid bahwa betapa pentingnya menempuh pendidikan untuk jangka panjang dan orangtua murid dapat bekerjasama dalam rangka menyukseskan program wajib belajar pendidikan dasar (3) jurusan administrasi pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi tambahan referensi bagi penelitian dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan wajib belajar pendidikan dasar (4) peneliti lain hendaknya para peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk ditelit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |