Hubungan antara persepsi terhadap gaya kepimpinan dan kinerja profesional melalui disiplin kerja guru SDN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk / Intan Fitri Anna

Anna, Intan Fitri (2010) Hubungan antara persepsi terhadap gaya kepimpinan dan kinerja profesional melalui disiplin kerja guru SDN se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk / Intan Fitri Anna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : persepsi gaya kepemimpinan, disiplin kerja, kinerja profesional Arahan dan koordinasi yang dilakukan kepala sekolah melalui gaya kepemimpinan, akan dipersepsi yang berbeda-beda antara guru satu dengan guru yang lain. Persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka merangsang dan mendorong guru untuk aktif dan kreatif dalam menjalankan tugasnya. Keberhasilan guru itu tidak lepas dari keberhasilan proses manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah, yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan fungsi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan sekolah, (2) tingkat disiplin kerja guru, (3) tingkat kinerja profesional, (4) ada tidaknya hubungan langsung antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dengan disiplin kerja, (5) ada tidaknya hubungan langsung antara disiplin kerja dengan kinerja profesional, (6) ada tidaknya hubungan langsung antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dengan kinerja profesional dan (7) ada tidaknya hubungan tidak langsung antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dan kinerja profesional melalui disiplin kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan populasi tersebar di seluruh SDN Se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang terbagi atas 7 gugus. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan sampel sebanyak 72 guru yang mewakili 7 gugus sekolah dasar negeri. Data persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dikumpulkan menggunakan kuesioner persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan (koefisien validitas item antara 0,63 sampai 0,89 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,98). Data disiplin kerja guru dikumpulkan menggunakan kuesioner disiplin kerja guru (koefisien validitas item antara 0,50 sampai 0,88 dan koefisien reliabilitas 0,95). Data kinerja profesional guru dikumpulkan menggunakan kuesioner kinerja profesional guru (koefisien validitas item antara 0,61 sampai 0,91 dan koefisien reliabilitas 0,95) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi terhadap gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas lebih dominan daripada manusia sebanyak 49 orang (68.06%), (2) sebagian besar guru memiliki disiplin kerja pada tingkat tinggi, (3) sebagian besar guru memiliki kinerja profesional pada tingkat sedang, (4) terdapat hubungan langsung yang signifikan, baik secara simultan ataupun secara parsial antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala ii sekolah yang berorientasi pada tugas dan yang berorientasi pada manusia dengan disiplin kerja guru profesional guru, (5) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara disiplin kerja guru dengan kinerja profesional guru, (6) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dengan kinerja profesional guru, (7) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan dan kinerja profesional melalui disiplin kerja guru SD Negeri Se- Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada : (1) kepala sekolah disarankan agar mempergunakan kemampuannya untuk menerapkan gaya kepemimpinan demi meningkatkan kedisiplinan guru. Selain meningkatkan kedisiplinan guru, gaya kepeimpinan yang diterapkan akan dapat meningkatkan kinerja profesional guru. Namun, tidak semua gaya kepemimpinan memberikan pengaruh yang sama. Dalam penelitian ini, gaya kepemimpinan yang berorientasi kepada tugas memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kedisiplinan guru dari pada gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia. Untuk itu disarankan kepada kepala sekolah agar menerapkan gaya kepemimpinan yang lebih berorientasi pada tugas dari pada lebih berorientasi pada manusia, (2) Bagi guru, disarankan agar meningkatkan kedisiplinan kerja agar dapat meningkatkan kinerja profesionalnya. Hal ini menjadikan saran karena hasil penelitian telah membuktikan bahwa kinerja profesional memiliki hubungan yang signifikan dengan kedisiplinan kerja guru, dan (3) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan, disarankan agar memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai tambahan kajian pustaka matakuliah Kepemimpinan Jurusan Administrasi Pendidikan, (4) bagi peneliti lanjutan agar melakukan penelitian secara berkesinambungan yang lebih komprehensif tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan kinerja profesional guru, gaya kepemimpinan dan kedisiplinan kerja guru. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah instrumen yang digunakan, misalnya dengan wawancara (untuk penelitian kualitatif) dan menambah butir instrumen sehingga hasil penelitian akan lebih sempurna. Selain itu, disarankan agar menambah populasi penelitian, misalnya guru sekolah menengah pertama dan guru sekolah menengah atas dalam satu wilayah propinsi sebagai tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item