Proses inovasi pembelajaran di MTs Negeri Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Subur Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses inovasi pembelajaran di MTs Negeri Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Subur Lestari

Lestari, Subur (2010) Proses inovasi pembelajaran di MTs Negeri Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Subur Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran proses inovasi. Dalam pendidikan sebuah strategi bila menekankan pada pemahaman pelaksana dan penerima inovasi maka pelaksanaan inovasi dapat dilakukan berulang kali. Pelaksanaan perbaikan sistem belajar mengajar di sekolah para guru sebagai pelaksana inovasi berulang kali melaksanakan perubahan-perubahan itu sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan. Kecenderungan pelaksanaan model yang demikian agaknya lebih menekankan pada proses mendidik dibandingkan dengan hasil dari perubahan itu sendiri. Pendidikan yang dilaksanakan lebih mendapat porsi yang dominan sesuai dengan tujuan menurut pikiran dan rasionalitas yang dilakukan berkali-kali agar semua tujuan yang sesuai dengan pikiran dan kehendak pencipta dan pelaksanaanya dapat tercapai. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) jenis inovasi pembelajaran (2) proses inovasi pembelajaran dan (3) hambatan serta solusi proses inovasi pembelajaran di MTs Negeri Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus yang dipilih karena dengan studi kasus berusaha mengungkap secara deskriptif semua fenomena kejadian masalah di suatu lokasi yang mengutamakan kealamiahan atau natural dari data-data yang diperoleh seperti apa adanya yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) dokumentasi. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data meliputi (1) perpanjangan kehadiran di lapangan (2) triangulasi dan (3) observasi yang mendalam. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Inovasi pembelajaran di madrasah ini berupa pemakaian laptop untuk para guru pembelajaran di luar kelas dan penciptaan lingkungan yang religius yang dilakukan oleh kepala madrasah bersama-sama dengan wakil kepala madrasah para guru serta staf dan karyawan madrasah setelah melakukan identifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran citra baik madrasah. Berdasarkan hasil analisis tersebut madrasah merumuskan program-program yang mengacu pada visi dan misi madrasah. Proses inovasi yang dilakukan MTs Negeri Harjokuncaran adalah sebagai berikut a. inovasi pengajaran 1) membaca situasi 2) mengeluarkan ide-ide 3)mencari pendukung 4)melaksanakan inovasi b. pembelajaran di luar kelas 1) membaca situasi 2) mengeluarkan ide 3) membahasnya di rapat dan melaksanakan inovasi c. menciptakan lingkungan religius 1) timbulnya masalah 2) mengeluarkan ide 3) mencari pendukung 4) melaksanakan inovasi. Hambatan dari beberapa inovasi yang diterapkan untuk inovasi pembelajaran adalah biaya dan faktor pendukung yang berupa koperasi yang kurang bisa melayani untuk pembelajaran di luar kelas adalah faktor penunjang yang kurang dan penolakan dari beberapa guru serta untuk inovasi menciptakan lingkungan religius adalah masalah biaya. Solusi yang diterapkan bekerja sama dengan koperasi sekolah yaitu dengan cara kredit cara kredit laptop ditempat lain melakukan pembelajaran di sekitar sekolah dan membuat aturan atau tata tertib baru dan tidak mengundang orang tua untuk mengikuti acara hari besar Islam. Salah satu tujuan inovasi pembelajaran dalam mengembangkan kemajuan pendidikan perlu disosialisasikan untuk dicontoh dan diteladani oleh kepala sekolah lainnya terutama bagi kepala sekolah yang berinisiatif untuk melakukan inovasi atau pengembangan lembaganya agar lebih maju. Karakter yang perlu di contoh dan diteladani tersebut adalah kepemimpinan yang dimiliki etos kerja ulet terampil komitmen dan dedikasi tinggi. Sebaiknya guru selalu mendukung dan memberikan bantuan kepada Kepala Madrasah agar setiap inovasi yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item