Sibarani, Susi Erlina (2010) Hubungan persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan prestasi belajarnya di SMA negeri unggulan se-kota Malang / Susi Erlina Sibarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sibarani Susi Erlina. 2010. Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran dengan Prestasi Belajarnya di Sekolah Menengah Negeri (SMAN) Unggulan Se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd M.Si (II) Sunarni S.Pd M.Pd. Kata kunci persepsi siswa pelaksanaan pembelajaran prestasi belajar siswa. Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehubungan dengan hal itu hendaknya pendidikan dikelola baik secara kualitas maupun kuantitas. Peningkatan kualitas pendidikan akan tercapai apabila proses belajar-mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan sikap dan keterampilan yang diharapkan. Pada dasarnya proses belajar-mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dimana guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar-mengajar di dalam kelas. Dalam pembelajaran tidak hanya kualitas guru yang harus dibenahi melainkan aspek pengelolaan pembelajaran atau manajemen pembelajaran khususnya pelaksanaan pembelajaran. Karena salah satu penyebab berhasil tidaknya suatu pengajaran adalah pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri Unggulan Se-Kota Malang (2) seberapa tinggi prestasi belajarnya di SMA Negeri Unggulan Se-Kota Malang (3) hubungan persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan prestasi belajarnya di SMA Negeri Unggulan Se-Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN Unggulan Se-Kota Malang (SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 SMAN 4 dan SMAN 8 Malang) dengan populasi berjumlah 2915 orang dan yang menjadi sampelnya berjumlah 292 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Tepatnya menggunakan an lisis Product Moment Pearson serta yang dalam penghitungannya menggunakan SPSS 12.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran di SMAN Unggulan se-Kota Malang dalam kategori baik hal ini dibuktikan bahwa dari 292 orang 57 orang memilih kualifikasi sangat baik dengan persentase sebesar 19 5% 201 orang memilih kualifikasi baik dengan persentase sebesar 68 8% 33 orang memilih kategori kurang baik dengan persentase sebesar 11 3% 1 orang memilih kualifikasi tidak baik dengan persentase sebesar 0 3% serta 0 orang memilih kategori sangat tidak baik dengan persentse sebesar 0% dalam hal pelaksanaan pembelajaran (2) prestasi belajar siswa di SMAN Unggulan se-Kota Malang sebanyak 160 orang termasuk dalam kualifikasi baik dengan persentase 54 8% 132 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 45 2% 0 orang termasuk dalam kualifikasi cukup dengan persentase 0% 0 orang dalam kualifikasi kurang dengan persentase 0% serta 0 orang dalam kualifikasi gagal dengan persentase 0% (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMAN Unggulan se-kota Malang dengan hasil perhitungan sebesar -0 069 sedangkan rtabel sebesar 0 075. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) bagi Kepala SMAN 1 SMAN 3 SMAN 4 SMAN 5 Malang dan SMAN 8 Malang disarankan meskipun tingkat persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran di SMAN Unggulan se-Kota Malang masuk dalam kategori baik dan tingkat prestasi belajar siswa di SMAN Unggulan se-Kota Malang masuk dalam kategori sedang sebaiknya pihak sekolah lebih meningkatkan sarana pembelajaran yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran (2) bagi Guru SMAN 1 SMAN 3 SMAN 4 SMAN 5 dan SMAN 8 Malang disarankan sebaiknya lebih berperan aktif dan lebih inovatif dalam melakukan proses pembelajaran. Guru harus dapat melihat strategi yang tepat yang harus digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tidak hanya strategi pembelajaran melainkan metode pendekatan dan model pembelajaran juga harus diperhatikan demi meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebagai sekolah unggulan se-kota Malang setidakanya dengan pelaksanaan pembelajaran yang baik sekolah dapat mempertahankan predikat masyarakat bahwa SMAN 1 SMAN 3 SMAN 4 SMAN 5 dan SMAN 8 Malang sebagai SMAN Unggulan se-Kota Malang (3) bagi siswa disarankan dengan adanya penelitian ini setidaknya dapat bermanfaat bagi siswa sebagai bahan informasi dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah (4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi yang berhubungan dengan Manajemen Pembelajaran dan dapat memberikan informasi serta gambaran mengenai kualitas mengajar guru dan prestasi belajar siswa di SMAN Unggulan se-Kota Malang (5) bagi peneliti lain disarankan sebaiknya melakukan pengembangan penelitian dengan menggunakan subjek peneliti yang lain dan menambah serta memperluas sub variabel dan indikator yang lain khusussnya dalam variabel keluarga dan masyarakat yang keduanya tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |