Penerapan manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di taman kanak-kanak (TK) anak alam Pakis Malang / Wulandari Handayunik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di taman kanak-kanak (TK) anak alam Pakis Malang / Wulandari Handayunik

Handayunik, Wulandari (2010) Penerapan manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di taman kanak-kanak (TK) anak alam Pakis Malang / Wulandari Handayunik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekolah alam Taman Kanak-Kanak (TK) Kurikulum merupakan bagian penting dari lembaga pendidikan atau sekolah karena kurikulum adalah harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah yang keberhasilannya banyak ditentukan oleh penerapannya di sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pengelolaan manajemen kurikulum yaitu bagaimana perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum pengevaluasian kurikulum serta faktor penghambat dan pendukung dari penerapan manajemen kurikulum di TK Anak Alam Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti memiliki peranan yang sangat besar karena peneliti berperan sebagai key instrument (alat peneliti utama). Dalam penelitian ini sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Agar memperoleh keabsahan data maka peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan (2) pengamatan mendalam (3) wawancara terfokus (4) triangulasi. Analisi data dilakukan dengan tiga jalur yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan pembelajaran berangkat dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah dimodifikasi baik muatan pembelajaran model pembelajaran dan media pembelajarannya (KTSP) dari DIKNAS panduan kurikulum yang diberikan dari DIKNAS tersebut dibuat matrik matrik disini digunakan oleh guru sebagai acuan dalam pembagian waktu pelajaran selama satu tahun ajaran setelah membuat matrik seorang guru membuat jaring indikator atau pemetaan pemetaan disini digunakan untuk memperjelas kompetensi belajar hasil belajar dan indikator pembelajaran setelah membuat jaringan atau pemetaan guru harus membuat Sistem Kegiatan Mingguan (SKM) dan langkah terakhir sebelum guru dapat mengajar di kelas adalah guru harus membuat Sistem Kegiatan Harian (SKH) (2) Pelaksanaan pembelajaran di TK Anak Alam Pakis Malang ini tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Hal tersebut dilakukan agar menghindarkan siswa dari rasa bosan. Selain itu media pembelajaran yang digunakan juga tidak hanya dari buku dan gambar melainkan juga dari alam sekitar sekolah. Untuk menghindarkan dari rasa bosan setiap hari kegiatan belajar-mengajar diseligi dengan pembelajaran di luar kelas dan untuk memberikan metode pembelajaran para guru juga mengikuti pelatihan-pelatihan tentang metode pembelajaran mencari di internet serta berbagi pengalaman mengajar dengan guru di TK lain (3) Evaluasi pembelajaran berdasarkan KTSP yang dilakukan di TK Anak Alam Pakis Malang ini ada 3 yaitu evaluasi harian 6 bulanan (semester) dan evaluasi 1 tahun (kenaikan kelas). Untuk aspek yang dinilai adalah aspek pembiasan yang meliputi moral dan nilai agama sosial emosional dan kemandirian sedangkan aspek kemampuan dasar meliputi berbahasa kognitif fisik/motorik dan seni. Untuk evaluasi harian agar orang tua mengetahui apakah anaknya mengikuti pelajaranan dengan baik dilakukan dengan cara setiap akhir pembelajaran para siswa diberi stiker bintang antara 1-4 stiker siswa yang tidak mendapatkan stiker bintang menandakan bahwa siswa tersebut tidak mengikuti pembelajaran selama 1 hari dengan baik tetapi bagi siswa yang mendapatkan 4 stiker bintang menandakan bahwa siswa tersebut mengikuti pembelajaran dengan baik dan pintar dan (4) Faktor pendukung yang ada di TK Anak Alam Pakis Malang ini adalah lokasi TK yang berada di antara perkampungan perkebunan dan peternakan yang dapat dimanfaatkan siswa untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas dengan menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat yang ada di TK Anak Alam Pakis Malang ini adalah lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar karena TK ini diperuntukkan bagi siswa yang kurang mampu dan orangtua siswa bukan berasal dari keluarga yang mengerti arti pentingnya pendidikan bagi anaknya maka untuk memberikan pendidikan yang bagus guru harus bekerja lebih keras dibandingkan dengan guru di TK lainnya. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut. (1) bagi Kepala Sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan bagi kepala sekolah untuk lebih meningkatkan keunggulan-keunggulan pelaksanaan program KTSP di TK Anak Alam Pakis Malang (2) bagi guru hendaknya penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dan dalam melakukan inovasi dalam pembelajaran serta dapat memanfaatkan dan mendayagunakan teknologi pembelajaran dengan baik (3) bagi orangtua siswa hendaknya penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian bagi para orangtua dalam mengontrol pembelajaran di TK Anak Alam Pakis Malang (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan bahan kajian dalam pengembangan ilmu Manajemen Kurikulum (5) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian dan agar lebih menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilakukan sehingga dapat bermanfaat demi peningkatan kualitas pendidikan dan disarankan bagi peneliti lain agar dapat meneliti manajemen kurikulum dari substansi lain dengan latar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item